Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Rabu, 14 Maret 2018

China Ciptakan Material yang Bisa Membuat Benda Menghilang

loading...
Mungkinkah kita bisa menghilangkan benda yang berwujud? Jawabannya sebagian besar mungkin tidak, krena tidak mungkin bisa menghilangkan sebuah benda tanpa menyembunyikannya. Tetapi itulah salah satu tantangan yang dilakukan peneliti.

Material super kuat dan bisa menghilangkan benda
Material super kuat dan bisa menghilangkan benda.
Apalagi banyak film fiksi ilmiah yang mengambil tema, bagaimana seseorang atau benda bisa menghilang. Dan salah satunya datang dari peneliti di China, di mana mereka mengklaim berhasil membuat sebuah material yang 'super kuat' dan bisa menghilangkan benda.

Sejauh ini sebuah laboratorium di Shenzhen yang telah memproduksi berbagai jenis bahan, berhasil membuat benda tak terlihat. Dalam sebuah lapor China Central Television Station, di sebuah film dokumenter yang dirilis pekan lalu.

Meski stasiun tersebut tidak menjelaskan apa itu, tapi terlihat sebuah benda yang disebut 'metamaterial' yang akan digunakan. Menurut portal berita China Sina, kemungkinan akan digunakan di pesawat tempur negara tersebut, khususnya J-20.

Apa yang disebut orang Cina sebagai 'bahan super' umumnya dikenal sebagai metamaterials, merupakan kelas baru dari permukaan rekayasa halus, yang dapat memiliki sifat yang tidak dapat dicapai oleh bahan konvensional.

Beberapa metamaterials bisa memblokir radiasi inframerah, seperti cahaya yang tampak. Ini berarti, bisa digunakan untuk membuat jubah tak terlihat atau menghilangkan sebuah benda.

Dan menurut Stasiun Televisi Pusat China, para ilmuwan China berhasil membuat materi tembus pandang semacam itu, dalam jumlah besar.

Laporan tersebut membawa pemirsa ke dalam laboratorium misterius di mana Jin Xi, seorang dokter Ilmu Material, dan timnya sibuk membuat potongan-potongan dari bahan tersebut ke sebuah mesin.

Setiap bagian, panjangnya 80 centimeter dan lebar 60 centimeter.

Lapisan film khusus, yang bisa menunjukkan sekitar 20.000 pola yang terpapar cahaya, akan ditambahkan ke bahan dasar ini.

Pola, setipis 0,2 milimeter persegi, dikatakan mengandung ribuan struktur mikro yang tidak terlihat oleh mata manusia. Struktur mikro ini digunakan untuk mengendalikan sifat metamaterial.

Laporan tersebut tidak menyebutkan, jenis 'bahan super' yang dibuat para pekerja. Namun ia mengklaim bahwa para ilmuwan China, telah mengembangkan metamaterials untuk membantu mengembangkan industri penerbangan negara tersebut.

Baca Juga: China Uji Coba Drone Siluman Pertamanya

Laporan Sina juga menyarankan agar metamaterials tersebut digunakan untuk tujuan militer.

Loading...

0 Komentar China Ciptakan Material yang Bisa Membuat Benda Menghilang

Posting Komentar

Back To Top