Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Sabtu, 24 Maret 2018

Orang Kaya dari Silicon Valley Cari Donor untuk Diambil Otak dan Diunggah ke Internet

Di era digital saat ini, hampir semua kebutuhan kita bisa dipenuhi dengan sekali klik saja. Mau makan tinggal pesan lewat smartphone, mau tidur di hotel tinggal pesan kamar, dan beragam kebutuhan penting lainnya mudah dipenuhi.

Tetapi tetap saja, banyak sekali orang-orang pintar di dunia digital tidak puas begitu saja. Mereka akan selalu mencari inovasi baru, bahkan yang sama sekali berbeda dengan yang ada saat ini.

Sam Altman, miliarder di Silicon Valley
Sam Altman, miliarder di Silicon Valley.

Salah satunya miliarder dari Silicon Valley ini, yang akan membayar siapapun dengan uang Rp130 juta. Di mana ia ingin isi otak donornya bisa diunggah secara digital, dan disimpan selamanya di dalam jaringan internet. Bagaimana bisa?

Pengusaha bernama Sam Altman ini adalah satu dari 25 orang yang berada dalam daftar tunggu di Nectome. Sebuah perusahaan startup yang mengatakan bahwa, mereka dapat mengunggah isi otak seseorang dan menyimpannya di komputer.

Namun, untuk melakukan itu, donornya harus meninggal dunia dalam prosesnya. Hal ini serupa dengan bunuh diri, namun dibantu oleh dokter. Dan cara ini dianggap legal di lima negara bagian Amerika Serikat.

Proses yang dia lakukan adalah dengan pembalseman otak, sehingga nantinya bisa disimulasikan ke komputer, menurut MIT Technology Review.

Donor yang awalnya hidup, terhubung ke mesin dan kemudian disuntik dengan bahan kimia pembalseman. Dan perusahaannya mengatakan, jika metode tersebut '100 persen fatal'.

"Pengalaman pengguna akan identik dengan bunuh diri," kata pendiri McNousre dari Nectome kepada the Review.

Di situs web perusahaan, ia mengatakan bahwa misinya adalah 'melestarikan otak Anda dengan cukup baik, untuk menyimpan semua ingatannya secara utuh.

"Kami percaya bahwa di abad ini, akan ada memungkinkan untuk mendigitalkan informasi ini dan menggunakannya untuk menciptakan kesadaran Anda. Bagaimana jika kami beri tahu, jika kami dapat melestarikan pikiran Anda?" tambahnya.

Cairan pembalseman ini bisa membuat tubuh tetap beku dan utuh. Bahkan tanpa ancaman akan membusuk, selama ratusan atau berpotensi ribuan tahun lamanya.

Tapi agar prosedur kerjanya sukses, otak harus dalam keadaan segar, menurut Review.

Nectome mengatakan bahwa, pihaknya berencana untuk menghubungkan orang-orang dengan penyakit terminal yang masuk ke mesin jantung dan paru-paru. Dan memompa campuran pembalsean ke arteri cateroid mereka di leher, saat mereka masih hidup namun berada dalam anestesi umum.

Gagasan untuk mengunggah pikiran manusia ke komputer atau menyimpannya di internet, akan semakin populer di kalangan ilmuwan di Silicone Valley.
Dr Ian Pearson, seorang futurolog, mengatakan bahwa dia percaya pada 50 tahun ke depan teknologi ini bisa terwujud.

Baca Juga: Ilmuwan Ingin Hidupkan Kambing Gunung yang Punah

Apakah Anda berminat melakukannya?
Loading...

2 Komentar Orang Kaya dari Silicon Valley Cari Donor untuk Diambil Otak dan Diunggah ke Internet

Back To Top