Sisa-sisa Meteor yang Menghantam Arab Saudi Empat Abad Lalu

Meteor kerap menghujani bumi setiap harinya, tetapi mereka akan terbakar saat memasuki atmosfer. Dan saat terbakar itulah, meteor akan terlihat seperi bola api yang melaju dengan kecepatan tinggi dan membuat langit terang.

Meteor yang menghantam Arab Saudi
Meteor yang menghantam Arab Saudi.
Biasanya, meteor tidak akan sampai ke tanah atau laut. Tetapi yang berukuran besar meteor ini akan memberikan dampak yang cukup besar. Bahkan, bekas meteor yang sampai ke tanah akan terlihat seperti sebuah ledakan.

Dan batu luar angkasa yang masih tersisa ini menjadi sangat penting, terutama untuk mengungkap asal usul kehidupan. Dan salah satu yang masih ada adalah sisa-sisa meteor yang ada di Arab Saudi. Berapa beratnya?

Dikutip dari laman al-arabiya, tim National Geographic telah mengunjungi situs meteorit, yang disebut "Wobar," di Empty Quarter di gurun Arab Saudi. Di mana mereka mendokumentasikan objek luar angkasa yang masih tersisa itu.

Selama kunjungan mereka pada tahun 1966, hampir 52 tahun yang lalu, tim mengambil gambar resolusi tinggi. Di lokasi yang sekarang dibagikan oleh penggemar di seluruh platform media sosial.

Foto-foto ini, diambil oleh fotografer Amerika majalah Thomas J. Abercrombie, adalah titik fokus yang menarik bagi banyak sisi penelitian.

Kini, sisa materi luar angkasa ini dipajang di Museum Nasional Arab Saudi.

Meteorit seberat 3,5 ton ini awalnya ditemukan oleh penjelajah Inggris St John Philby, pada tahun 1932. Setelah suku Badui memberinya batu-batu kecil, yang ia sadari bukan berasal dari bumi.

Meteorit yang dipamerkan di museum
Meteorit yang dipamerkan di museum. Foto: alarabiya.net
Menurut penelitian yang dibuat oleh Profesor Geologi di King Saud University, Abdulaziz bin Laaboun, "diperkirakan bahwa" Wobar "menghantam bumi hampir 400 tahun yang lalu dan ditemukan selama eksplorasi Philby."

Baca Juga: Pemandangan Indah Ini Ternyata Ada di Arab Saudi Namanya Al Reath

Kini kita bisa menikmati meteor ini di Museum tersebut.
Loading...

Maret 31, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Sisa-sisa Meteor yang Menghantam Arab Saudi Empat Abad Lalu.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar