Heboh Batu Hitam Bisa Lumerkan Paku, Begini Penjelasannya

Baru-baru ini heboh beredar di media sosial tentang batu hitam yang bisa melelehkan paku. Video yang diunggah oleh akun Colours of Nature itu pun, bahkan telah ditonton lebih dari 11 juta tayangan.

Batu lumerkan paku keras.
Batu lumerkan paku keras.
Banyak orang berpendapat, jika batu tersebut bisa 'memakan' paku yang keras bahkan melelehkannya. Bukan tanpa alasan, karena di dalam video tersebut paku benar-benar 'ditelan' oleh batu yang berwarna hitam tersebut.

Batu yang diperkirakan berada di Myanmar ini, menurut orang-orang ditemukan oleh seorang tentara. Tapi benarkah batu ini benar-benar bisa melelehkan atau bahkan 'memakan' logam? Simak videonya di bawah ini.

Banyak yang menyebutkan dalam komentarnya, jika paku tersebut terbuat dari lilin sehingga bisa meleleh. Tapi itu tidak benar, karena saat dipukulkan terdengar suara nyaring dari besi yang terbentur benda keras.

Lantas apa jawaban yang paling rasional?

Jawabannya adalah, paku tersebut terbuat dari logam Gallium. Apa itu galium? Sebagian besar dari kita memang tidak penah mendengarnya. Tetapi logam ini ada dan memang bisa meleleh bahkan saat kita pegang oleh tangan sekalipun.

Gallium adalah benda padat atau logam yang bisa meleleh di suhu cukup rendah, yaitu 29 derajat Celcius. Maka tidak heran, jika gallium bisa meleleh saat kita pegang.

Dan warnanya pun mirip dengan paku yang meleleh di atas batu. Sehingga bisa dipastikan, jika batu tersebut tidak memakan paku tetapi paku tersebut terbuat dari gallium.

Sehingga, saat diletakkan di atas batu maka akan meleleh. Dan Anda bisa melihat dengan seksama, jika orang yang menaruh paku di atas batu memakai sarung tangan. Hal tersebut untuk menghindari paku meleleh lebih cepat.

Baca Juga: Fenomena Langka, Sungai Batu Hebohkan Warganet Dunia

Berikut videonya:

Loading...

April 18, 2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Heboh Batu Hitam Bisa Lumerkan Paku, Begini Penjelasannya.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Menurutku ini hal wajar karena suhu batu itu sangat panas . Anda dapat melihatnya besi itu meleleh
Bukan dimakan. Suhu batu tinggi akan melelehkan besi.

Balas Hapus
.

itu bahn pakunya dar galium mas ,bukan besi

Balas Hapus