Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Senin, 02 April 2018

NASA Sebut Alien Hidup di Planet Venus, Seperti Apa Bentuknya?

Pencarian makhluk hidup atau kehidupan lain di luar bumi, terus dilakukan oleh para ilmuwan dan astronom. Apalagi semakin canggihnya teknologi, mengeksplorasi ruang angkasa jadi semakin mudah dilakukan.

Planet Venus
Planet Venus. Foto: dailymail.co.uk
Terbukti, jika beberapa planet yang jaraknya hingga jutaan tahun cahaya ditemukan yang diduga mendukung kehidupan. Tapi kini NASA atau badan antariksa Amerika mengemukakan, jika planet tetangga Bumi, Venus, ternyata mendukung kehidupan.

Bahkan mereka menyebutkan, jika alien bisa hidup di planet yang jaraknya cukup dekat dengan matahari tersebut. Lantas seperti apa bentuk kehidupan alien di sana, dan bagaimana mereka menyimpulkan ada kehidupan di sana?

Para peneliti berpikir, jika atmosfer paling atas planet yang kaya sulfur dioksida ini, adalah rumah bagi kehidupan mikroba sederhana.

Para ilmuwan menggunakan probe ruang, untuk mendeteksi bercak-bercak gelap di sekitar awan yang berwarna seperti karat. Sifat-sifat ini adalah mirip bakteri yang menyerap cahaya di Bumi.

Bahkan di daratannya terdapat ruang yang menganga mirip danau, yang diduga terdapat  ganggang.

Planet ini telah dijuluki kembaran jahat Bumi, karena kondisi permukaannya yang sangat tidak ramah, di mana hujan asam kerap terjadi dan suhunya sekitar 462 derajat Celcius.

Penelitian yang dipublikasikan awal pekan ini dalam jurnal Astrobiology, menunjukkan mikroba ekstra-terestrial dapat bertahan hidup. Dan angin yang bertiup di puncak awannya, jauh lebih dingin.

Ahli kimia biologi di California State Polytechnic University, Pomona, mengatakan: "Di Bumi, kita tahu bahwa kehidupan dapat berkembang dalam kondisi yang sangat asam, dapat memberi makan karbon dioksida, dan menghasilkan asam sulfat."

Baca Juga: Mumi 'Alien' Atacama 15 Cm dengan Kepala Kerucut itu Manusia?

Venus juga diduga pernah memiliki iklim layak huni, dengan air di permukaannya selama 2 miliar tahun lalu.
Loading...

0 Komentar NASA Sebut Alien Hidup di Planet Venus, Seperti Apa Bentuknya?

Posting Komentar

loading...
Back To Top