Kilauea Meletus, Hawaii Kini Terlihat seperti Neraka

Lahar panas menutupi tanah yang dulunya penuh tumbuhan.
Lahar panas menutupi tanah yang dulunya penuh tumbuhan.
Hawaii telah dihantam lebih dari 270 gempa bumi, hanya dalam satu hari saja. Di mana ketika itu, gunung berapi Kilauea terus mengeluarkan abu beracun dan menyemburkan lahar yang sangat panas di pulau itu.

Lebih dari tiga minggu setelah letusan pertama dimulai, Gunung Kilauea tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Malah, kerusakan akibat lahar panas semakin meluas, dan membuat banyak penduduk di sekitar lokasi mengungsi.

Asap penuh racun memenuhi udara di sekitarnya
Asap penuh racun memenuhi udara di sekitarnya.
Beberapa foto-foto menunjukkan, pemandangan yang hancur oleh aliran lahar yang panas dan membakar pohon dan semak-semak, serta rumah warga. Seperti apa keadaan di sana? Simak foto-foto mengerikannya di bawah ini.

Aktivitas vulkanik dalam satu hari bahkan menyemburkan awan panas hingga 14.764 kaki ke atmosfer. Dan memicu kekhawatiran bahwa, tingkat berbahaya gas sulfur dioksida dan abu bisa bergabung dengan uap air dan debu di udara, yang menyebabkan kabut vulkanik, atau 'vog.'

Lahar panas meluncur dari perut gunung Kilauea
Lahar panas meluncur dari perut gunung Kilauea.
Bahkan tingkat kehancuran dapat dilihat dari luar angkasa. Citra satelit yang luar biasa menunjukkan, aliran aliran lahar panas dari gunung berapi ke daerah pemukiman di dekatnya.

Satu gambar, diambil pada siang hari oleh satelit Pengamat Bumi Badan Antariksa Eropa, menunjukkan garis-garis oranye dan merah terang mengalir dari Kilauea menuju laut.

Gambar serupa yang diambil pada malam hari oleh NASA menunjukkan alirannya sebagai ungu, masih kontras dengan latar belakang yang tenang.

Penduduk dipaksa mengungsi akibat rumahnya terkena lahar panas
Penduduk dipaksa mengungsi akibat rumahnya terkena lahar panas.
Dibandingkan dengan semua Big Island di Hawaii, aliran lahar panas ini tampak kecil. Tetapi mereka menciptakan adegan yang menghancurkan, bagi orang-orang yang berada di sekitar gunung berapi.

Jalan-jalan telah terputus, dan diperkirakan 2.000 penduduk telah dievakuasi melalui jalan darat dan udara. Dan ketika lahar panas terus tumpah, beberapa di antaranya mengenai lautan, udara menjadi lebih beracun untuk bernafas.

Ketika letusan tersebut memasuki minggu keempat, 2.000 orang yang hidup di komunitas pesisir terpaksa mengungsi.

Letusan awal Sabtu pagi, bahkan mendorong awan abu hingga 11.000 kaki di atas permukaan laut. Dan Survei Geologi AS mengatakan, letusan tambahan mungkin terjadi setiap saat.

Api langka berwarna biru muncul dari dalam lahar
Api langka berwarna biru muncul dari dalam lahar.
Daftar bahaya yang diterbitkan oleh USGS menunjukkan, konsentrasi gas sulfur dioksida yang berpotensi mematikan berada dalam radius satu kilometer.

Letusan Kilauea telah ditangkap dalam ratusan foto-foto dramatis, termasuk beberapa api biru langka yang keluar dari retakan di trotoar awal pekan ini.

Baca Juga: Penjelajah Waktu Beberkan Foto-foto di Masa Depan, Seperti Apa?

Api biru diciptakan ketika gas metana bawah tanah, yang dihasilkan oleh gunung berapi, lolos melalui celah-celah yang dibuat oleh gempa vulkanik dan terbakar.

Foto: dailymail.co.uk
Loading...

Mei 27, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kilauea Meletus, Hawaii Kini Terlihat seperti Neraka.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar