Susu Kecoak Bisa Jadi Pengganti Susu Sapi, Rasanya?

Susu kecoak. Foto: dailymail.co.uk
Kecoak jadi salah satu serangga paling menjijikkan, yang ada di sekitar kita. Meskipun kecil, kecoak sering membuat kehebohan di rumah, terutama jika para ibu atau wanita yang menemukannya.

Ya, serangga yang bisa terbang ini sering membuat phobia atau ketakutan. Tidak ada salahnya kita merasa jijik atau takut bersentuhan dengan serangga ini, karena mengandung banyak bibit penyakit di tubuhnya.

Tapi siapa sangka, jika para ahli kini mulai mengembangkan susu yang berasal dari kecoak. Susu kecoa ini bisa menjadi superfood yang memiliki kandungan luar biasa. Bahkan bisa mengalahkan susu sapi. Lantas apa kandunngan dan rasa susu kecoak ini?

Dikutip dari Daily Mail, bukan sembarang kecoak yang mengandung susu. Akan tetapi jenis kecoak kristal. Di mana isinya 'seperti makanan lengkap' dengan 'semua asam amino esensial', seorang peneliti dari Institut Biologi Sel Induk dan Pengobatan Regeneratif di India telah mengklaim.

Peneliti lainnya mengatakan kepada Radio Publik Nasional Amerika Serikat, saat mencoba susu kecoak, dan rasanya tidak berbeda dengan susu sapi.

Susu yang ditemukan dari kecoak Australia asli Pasifik ini, ditemukan mengandung sekuens protein dengan semua asam amino esensial, ditambah protein, lemak, dan gula dan tiga kali energi susu sapi perah.

Beberapa orang mungkin merasa heran, bahwa serangga itu bisa membuat susu.

Diploptera Punctata adalah satu-satunya spesies kecoak, yang melahirkan keturunannya dan bukan bertelur. Sehingga menghasilkan susu untuk memberi makan anak-anak mereka.

Tetapi karena sangat kecil, mereka tidak membuat banyak, dan 1.000 kecoak hanya bisa membuat 100 gram susu, laporan situs berita sains Inverse.

"Satu-satunya cara [untuk memerah susu kecoa] adalah dengan membuat kultur ragi dengan gen di dalamnya untuk membuat susu ini," kata Barbara Stay, Ph.D. dari Universitas Iowa.

Kecoak perlu 'diperah' dengan kertas saring.

Perusahaan Afrika Selatan, Gourmet Grubb, sudah menjual 'Entomilk' yang dibuat dari serangga yang dibudidayakan secara berkelanjutan.

Baca Juga: Ayam Tanpa Kepala Itu Masih Bertahan Hidup Sejak Terpotong

"Salah satu manfaat paling penting dari Entomilk adalah bahwa ia memiliki kandungan protein yang tinggi dan kaya akan mineral seperti besi, seng, dan kalsium," uraian situs tentang produk tersebut berbunyi.

Loading...

Mei 28, 2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Susu Kecoak Bisa Jadi Pengganti Susu Sapi, Rasanya?.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

dan kecoa pun di nobatkan jadi mamalia -_-;

Balas Hapus
.

koyo ga ono susu liyane ae nang ndonyo, disaranke nyusu kecoak

Balas Hapus