Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Kamis, 28 Juni 2018

Terungkapnya Modus Penculikan Mahasiswi oleh Gangster

loading...
Gambar penculikan palsu yang disebarkan polisi Australia
Gambar penculikan palsu di Australia. Foto: dailymail.co.uk.
Saat ini banyak lulusan sekolah yang memutuskan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, dengan alasan pendidikannya bagus. Memang tidak ada salahnya, asalkan kita mempersiapkannya dengan baik.

Terutama masalah biaya, yang biasanya tidak murah untuk beragam urusan terutama biaya hidup sehari-hari. Apalagi jika kita belum mengenal lingkungan, apakah aman atau tidak di lokasi tujuan universitas nantinya.

Bahkan, orangtua juga perlu hati-hati jika mendengar kabar dari anaknya yang sedang berkuliah di negeri orang. Ya, karena di sini ternyata modus penculikan mahasiswi oleh gangster menjadi yang paling banyak terjadi. Di mana itu?

Dikutip dari Daily Mail, para orangtua telah membayar lebih dari $9 juta atau Rp129 miliar, untuk penipuan di mana mahasiswi internasional asal Cina yang sering mengambil untung.

Para korban - mahasiswi - telah dibujuk oleh para penipu, untuk memalsukan penculikan mereka sendiri. Tujuannya tentu uang tebusan dari orangtua mereka.

Mereka juga kerap mengirim gambar-gambar adegan penculikan, di mana para korban disumbat dan diikat dengan keji agar orangtua mereka dengan cepat mengirimkan uang tebusan.

Uang 'tebusan' dari penculikan palsu ini ditransfer ke para penipu, dengan skema rumit.

Gambar penculikan palsu yang disebarkan polisi Australia
Gambar penculikan palsu yang disebarkan polisi Australia.
Salah seorang orangtua mahasiswi, yang tidak disebutkan namanya untuk tujuan anonimitas, mengatakan kepada SBS Viceland's The Feed bahwa dia telah kehilangan uang Rp7 miliar akibat penipuan ini.

Keberhasilan para penipu ini bergantung pada ketakutan para korban mereka.

"Saya benar-benar ingin menjawab telepon, tetapi itu semacam 'pengendalian pikiran'. Itu adalah kontrol psikologis. Saya tidak berani menjawabnya... Saya menjadi semakin gugup dan tidak tahu harus berbuat apa," ucap orangtua korban.

Pada bulan Mei, Daily Mail Australia melaporkan tentang laporan polisi tentang penipuan di New South Wales.

Pada saat itu, Detektif Linda Howlett mengatakan jika polisi menyadari setidaknya ada 50 penipuan di seluruh negara bagian.

Polisi NSW mengatakan bahwa, panggilan biasanya dimulai dengan pesan yang direkam dalam bahasa Inggris, sebelum mentransfer ke seseorang yang mengaku berasal dari Kedutaan Besar China atau Konsulat.

Baca Juga: Detik-detik Wisatawan Perempuan Diculik di Dalam Bandara

Tidak ada penangkapan dilakukan, tetapi polisi mengatakan mereka bekerja sama dengan Kedutaan Besar Tiongkok dan Konsulat Jenderal China dalam penyelidikan mereka.
Loading...

0 Komentar Terungkapnya Modus Penculikan Mahasiswi oleh Gangster

Posting Komentar

Back To Top