Mengerikan, Video Nyamuk Berusaha Menjangkau Kulit Manusia

Saat nyamuk coba menghisap darah manusia.
Saat nyamuk coba menghisap darah manusia.
Nyamuk jadi salah satu serangga yang berbahaya bagi manusia, di mana salah satunya bisa menyebabkan penyakit demam berdarah. Bahkan kematian pun bisa terjadi, jika tidak ditangani dengan cepat dan benar.

Maka dari itu, banyak sekali racun dan cara penanganan agar kita terhindar dari gigitan nyamuk. Tapi apakah semua cara yang kita lakukan aman dan membebaskan kita dari gigitan nyamuk?

Jawabannya tentu tidak, karena nyamuk bisa menjangkau bagian kulit kita bahkan saat tertutup oleh kain sekalipun. Video yang menjadi viral di bawah ini menunjukkan, betapa mengerikannya nyamuk saat berusaha menjangkau kulit. Simak di bawah ini.

Sebuah video yang mengerikan menunjukkan, saat-saat nyamuk mencoba menggapai dan menggigit kulit manusia melalui jaring.

Klip itu, difilmkan oleh seorang ahli biologi dari University of Melbourne di Australia. Di mana menunjukkan serangga itu berulang kali mencoba menembus jaring dengan penghisapnya.

Menurut laporan CDC, 2018 akan menjadi yang terburuk untuk penyakit yang ditularkan dari gigitan nyamuk, yang meliputi virus West Nile, virus Zika, dan demam berdarah, di mana semuanya berpotensi mematikan.

Meskipun kebanyakan serangga yang menggigit kita tidak membawa penyakit, gatal dan kulit merah yang datang bersamaan akan kita rasakan.

Daily Mail Online berbicara dengan dua ahli tentang cara menghalau nyamuk baik dengan gadget atau pakaian yang benar-benar membuat serangga itu pergi.

Penolak mana yang benar-benar mencegah gigitan nyamuk?


Dr Immo Hansen, seorang profesor biologi di New Mexico State University, telah melakukan beberapa penelitian tentang keamanan dan kemanjuran penolak nyamuk.

Sebuah studi 2015 yang ia kerjakan, yang mengamati sejumlah semprotan komersial, menemukan bahwa produk yang mengandung DEET adalah yang paling efektif.

"Anda harus melihat label dan melihat persentasenya, tetapi, untuk 25 persen atau lebih, itu bisa bertahan enam hingga delapan jam, yang lebih lama daripada kebanyakan orang yang tinggal di luar," katanya kepada Daily Mail Online.

"Konsentrasi yang lebih kecil akan melindungi dua sampai empat jam saja," ucapnya.

Beberapa produk komersial yang termasuk dalam kategori '25 persen atau lebih' termasuk pengusir serangga Deep Woods Deep VIII, yang mengandung DEET 25 persen.

DEET, yang merupakan singkatan dari diethyltoluamid, adalah bahan aktif yang paling umum dalam penolak serangga. Diyakini bahwa bahan kimia ini memblokir reseptor serangga, yang tertarik pada zat yang ditemukan dalam nafas manusia dan keringat.

Namun, bukti terbaru menunjukkan bahwa nyamuk sebenarnya dihalau karena bau kimia.

Dr Hansen juga menemukan melalui penelitiannya bahwa, minyak eucalyptus lemon, yang diekstraksi dari pohon eukaliptus karet, sangat bagus dalam mencegah gigitan nyamuk.

Minyak ini dimurnikan, yang meningkatkan konsentrasi zat alami yang dikenal sebagai PMD, bahan yang secara alami mengusir nyamuk.

Dr Hansen mengatakan bagi mereka yang lebih suka menggunakan produk yang lebih alami pada kulit mereka, dibandingkan dengan bahan kimia seperti DEET, minyak bisa menjadi pilihan bagi mereka.

Badan Perlindungan Lingkungan, bagaimanapun, memperingatkan untuk tidak menggunakannya pada anak-anak di bawah usia tiga tahun.

Dr Neha Vyas, seorang dokter pengobatan keluarga di Klinik Cleveland, mengatakan kepada Daily Mail Online bahwa, ada dua bahan lain yang ditemukan pada beberapa penolak, picaridin dan IR3535 - dua bahan kimia yang dikembangkan pada tahun 1980-an - yang juga membantu mencegah gigitan nyamuk.

Gadget mana yang tidak efektif dalam melindungi Anda?


Banyak produk yang berhasil, ada juga beberapa yang tidak berfungsi. Perangkat sonik, yang dimaksudkan untuk mengusir nyamuk melalui suara yang tidak didengar manusia tetapi serangga, ditemukan tidak efektif dalam studi 2015.

"Nyamuk tidak ditolak olehnya dan bahkan hampir tertarik olehnya," kata Dr Hansen.

Dia menambahkan bahwa gelang penolak serangga dengan minyak esensial yang diduga mengusir nyamuk tidak lebih dari 'mengeluarkan bau yang enak'.

Pakaian apa yang harus kamu pakai?


Ketika membicarakan pakaian, Dr Vyas merekomendasikan mengenakan pakaian yang dibuat dengan kain tenunan yang erat, termasuk kemeja katun dan celana nilon.

"Kami mencoba untuk menghindari Spandex atau sesuatu yang longgar karena nyamuk bisa melewati lubang dengan mudah," katanya.

Meskipun nyamuk tertarik pada bau dari pada warna, mereka juga senang dengan warna gelap, yang meliputi pakaian seperti jins, legging dan segala jenis pakaian hitam.

Dr Vyas merekomendasikan mengenakan pakaian berwarna terang, dengan nada seperti putih atau krem.

Selain itu, mengenakan kemeja lengan panjang dan celana panjang akan memberikan perlindungan ekstra.

Baca Juga: Jutaan Nyamuk 'Berpesta' di Dalam Mobil Ini Bikin Merinding

Dia mengatakan jika Anda ingin perlindungan lebih lanjut, Anda dapat menyemprot Permethrin - perawatan pakaian untuk mencegah gigitan dari caplak, lalat, dan nyamuk - pada pakaian Anda sebelum pergi keluar.

Berikut rekamannya:

Loading...

Juli 12, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengerikan, Video Nyamuk Berusaha Menjangkau Kulit Manusia.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar