Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Jumat, 13 Juli 2018

Para Ahli Mesir Bersiap Membuka Sarkopagus Misteri Raksasa

Sarkopagus raksasa. Foto: dailymail.co.uk
Kebudayaan Mesir kuno termasuk salah satu yang paling maju, terutama di bidang kontruksi. Ya, mereka mampu membuat salah satu bangunan paling besar di muka Bumi yaitu piramida. Dan banyak ahli yang masih bertanya bagaimana mereka membangunnya.

Meskipun banyak spekulasi tentang pembangunannya, tetapi piramida digunakan untuk menguburkan Firaun. Dan masih banyak sekali misteri yang ada di sekitarnya. Bahkan baru-baru ini, telah ditemukan sarkopagus berukuran raksasa.

Para arkeolog di Mesir pun masih dibuat bingung, siapa mumi yang ada di dalamnya. Dan mereka bersiap untuk membuka sarkopagus sepanjang 3 meter ini, yang digali di kota tempat Alexander Agung dikuburkan. Mumi siapakah yang ada di dalamnya?

Peti mati ditemukan di Alexandria, yang dibangun di atas kota yang didirikan oleh pemimpin legendaris itu. Juga ditemukan di makam yang berisi patung yang terbuat dari alabaster, yang fitur-fiturnya telah terkikis menjadi tidak jelas.

Para ahli Mesir menetapkan bahwa, makam itu milik bangsawan yang bertentangan dengan raja - Firaun.

Beberapa sejarawan percaya bahwa, sisa-sisa dari Alexander suatu hari nanti dapat ditemukan di atas kota modern, yang dibangun di atas pemukiman kuno yang didirikannya.

Pejabat kementerian antik mengatakan, sarkopagus telah disegel selama lebih dari 2.000 tahun. Lapisan mortir tidak terganggu di antara tutupnya dan tubuh di dalam peti mati.

Pertanyaan mengenai identitas orang di dalamnya masih misteri, dan  tidak adanya prasasti tertulis di sarkopagus.

Para ilmuwan mengatakan itu milik orang kaya atau bangsawan yang hidup antara 323 SM dan 30 SM. Ini adalah saat Roma merebut Mesir dan setelah kematian Cleopatra.

Memimpin Egyptologist dan mantan menteri barang antik Zahi Hawass mengatakan, " Ini milik seseorang yang penting, itu adalah sarkopagus granit. Bagi seseorang yang membawa granit dari Aswan [600 mil ke selatan] berarti dia kaya."

Baca Juga: Misteri 'Batu Meleleh' di Skotlandia Akhirnya Dipecahkan

Namun kuburannya dikatakan 'terlalu kecil' untuk seorang raja seperti Alexander, karena yang lebih besar telah ditemukan terdapat bangsawan Romawi di dalamnya.

Loading...

0 Komentar Para Ahli Mesir Bersiap Membuka Sarkopagus Misteri Raksasa

Posting Komentar

loading...
Back To Top