Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Jumat, 20 Juli 2018

Ternyata, Ada Satu Orang Suku Amazon yang Masih Hidup Usai Dibantai

Pria di hutan Amazon yang berhasil selamat
Pria di hutan Amazon yang berhasil selamat.
Sekitar dua dekade lalu, ada sebuah pembantaian di hutan hujan Amazon terhadap suku asli di sana. Pembunuhan ini dilakukan oleh para petani, dengan alasan yang masih belum jelas hingga saat ini.

Petani saat itu diyakini telah membunuh semua anggota suku, dalam serangan pada tahun 1995. Selain itu, mereka juga mengusir penduduk asli Amazon, sepanjang tahun 1970-an dan 1980-an.

Tapi dalam sebuah video terbaru memperlihatkan, jika masih ada satu anggota suku yang bertahan hidup. Ia diduga telah hidup sendirian di hutan Amazon selama dua puluh tahun. Lantas bagaimana ia bisa bertahan hidup hingga saat ini?

Anggota suku yang dikenal sebagai 'lelaki pribumi lubang', telah ditangkap dalam video oleh pejabat Pemerintah di negara bagian Rondonia, Brasil.

Dia terlihat setengah telanjang, mencoba menebang pohon. Dan diduga memiliki pepaya dan kebun jagung sendiri, yang mengelilingi pondok buatannya yang terbuat dari pohon.

Para ahli pertama kali menemukannya di hutan pada tahun 1996. Dan wajahnya hanya difilmkan untuk pertama kalinya pada tahun 1998.

Diduga dia tinggal sendiri di sana selama 22 tahun. Berumur 50-an, dan menghabiskan sebagian besar waktunya berburu babi hutan, burung dan monyet dengan busur dan anak panah, lapor The Guardian.

Sementar adalam Funai memiliki kebijakan ketat, untuk meninggalkan kelompok-kelompok terpencil di wilayah itu saja. Tetapi mereka telah memantau aktivitasnya dari jauh, sejak ia pertama kali terlihat pada tahun 1996.

Mereka tidak tahu namanya atau nama sukunya, tetapi telah bekerja untuk memperluas area hutannya menjadi 8,070 hektar, sehingga ia dapat mempertahankan hidupnya.

Senjata tradisional seperti kapak dan parang, telah ditinggalkan oleh pekerja Funai baginya untuk ditemukan. Tetapi mereka tidak pernah membiarkan diri mereka dilihat olehnya.

Fiona Watson, dari kelompok riset Survival International, mengatakan kepada The Guardian bahwa klip video lelaki itu 'luar biasa', karena tanahnya di kelilingi oleh peternakan di semua sisi.

Dia berkata: "Funai memiliki kewajiban untuk menunjukkan bahwa dia baik dan hidup. Yang penting adalah Funai telah berhasil menjaga wilayahnya."

Baca Juga: Seorang Pria 'Mengemis' Sebelum Digantung Akibat Bunuh Dukun

Adat Funai, yang bekerja untuk melindungi hak-hak masyarakat adat dan kelompok-kelompok terpencil, mengklaim ada 113 suku di Amazon, Brasil, 27 di antaranya mereka telah melakukan kontak dengan manusia modern.

Loading...

0 Komentar Ternyata, Ada Satu Orang Suku Amazon yang Masih Hidup Usai Dibantai

Posting Komentar

loading...
Back To Top