Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Jumat, 13 Juli 2018

Terungkap Makanan Terakhir Mumi Otzi yang Berumur 5.300 Tahun

loading...
Mumi Otzi. Foto: dailymail.co.uk
Tubuh mumi Pemburu Zaman Tembaga ini, ditemukan pada tahun 1991 di Pegunungan Alpen. Di mana ia meninggal sekitar 5.300 tahun yang lalu, dan dibekukan dengan sempurna oleh cuaca yang sangat dingin di lokasi tersebut.

Sekarang, sebuah studi mendalam pertama untuk mengetahui isi perut manusia pemburu ini dilakukan. Selain mengetahui makanannya, studi ini juga ingin mengetahui seperti apa kondisi alam saat itu, dan apa saja makanan utama mereka.

Dan mereka pun mendapatkan jawabannya, tentang makanan terakhir dari mumi pemburu atau dikenal dengan Otzi ini. Lantas apa saja makanan manusia prasejarah ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Dikutip dari Daily Mail, makanan mereka terdiri dari lemak hewan, terutama spesies kambing liar yang dikenal sebagai Alpine ibex.

Makanan tinggi lemak 'sangat cocok untuk tuntutan kehidupan di daerah pegunungan Alpen tinggi'. Analisis isi perut Ötzi memberikan sekilas kebiasaan makanan kuno nenek moyang kita.

Beberapa jam sebelum dia meninggal, 'Ötzi' Iceman menjilat daging berlemak dari kambing liar dan rasanya 'mengerikan'.

Sementara diet tinggi lemak adalah pilihan yang trendi bagi banyak orang di era modern, para ilmuwan mengatakan penemuan itu 'luar biasa'.

Dr Frank Maixner mengatakan kepada MailOnline bahwa 'snapshot' dari diet prasejarah ini, sangat penting dalam memahami manusia purba.

"Saya pikir penting untuk memahami pola makan nenek moyang kita dan, membandingkan temuan kami dengan kebiasaan pola makan modern kita," ungkapnya.

Sebelumnya, analisis isi perut Ötzi sulit untuk dicapai karena berada dalam posisi yang tidak biasa. Makanan telah bergerak selama proses mumifikasi dan, pada tahun 2009, perutnya baru terlihat menggunakan CT scan.

Dalam upaya untuk menganalisa isinya, para peneliti dari Institut Penelitian Eurac untuk Studi Mumi di Bolzano, Italia membedah sisa-sisa lambung.

"Bahan lambung adalah, dibandingkan dengan sampel usus rendah yang dianalisis sebelumnya, yang luar biasa terlindungi dengan baik, dan juga mengandung sejumlah besar biomolekul unik seperti lipid, yang membuka peluang metodologis baru untuk menjawab pertanyaan kami tentang diet Ötzi," kata Dr Frank Maixner.

Para ilmuwan menggunakan teknik mikroskopik dan molekuler untuk menilai isi perut. Pendekatan itu membuahkan, hasil ketika ditemukan bahwa jaringan adiposa ibex adalah sumber makanan berlemak yang paling mungkin, berdasarkan pada DNA, protein, metabolit, dan lipid purba.

Hebatnya, sekitar setengah dari isi perut adalah jaringan lemak. Meskipun diet tinggi lemak tidak terduga, para peneliti mengklaim bahwa itu logis.

Kondisi hidup selama Ötzi, lebih dari 5.000 tahun yang lalu, akan sulit dan dingin di lingkungan alpine ekstrim tempat Iceman tinggal.

Dr Maxiner mengatakan kepada MailOnline: "Wilayah Alpen yang tinggi (3.200 meter) tempat Iceman hidup dan ditemukan sekitar 5.300 tahun setelah kematiannya, menghadirkan tantangan yang pasti bagi fisiologi manusia."

Makanan terakhir Ötzi adalah campuran karbohidrat, protein, dan lmak yang seimbang - sangat cocok dengan tuntutan kehidupan di daerah pegunungan Alpen yang tinggi.

Baca Juga: Punya Tiga Jari Tangan dan Kaki, Mumi Ini Diduga Alien

Temuan ini didasarkan pada penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017, yang juga menemukan bahwa isi perut Ötzi adalah daging.

Loading...

0 Komentar Terungkap Makanan Terakhir Mumi Otzi yang Berumur 5.300 Tahun

Posting Komentar

Back To Top