Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Kamis, 23 Agustus 2018

Asteroid Lebih Besar dari Piramida Akan Mendekati Bumi, Ancaman?

Tata surya kita berisi dari planet dan batu luar angkasa, yang biasa kita sebut asteroid. Beberapa dari mereka bisa terlihat jejak dan juga lintasannya. Tetapi, masih banyak yang belum diketahui manusia dan berpotensi mengancam kehidupan.

Ilustrasi asteroid. Gambar: dailymail.co.uk
Salah satunya asteroid besar ini, yang diperkirakan berukuran dua kali lipat dari Boeing 747. Bahkan ukurannya lebih besar dari piramida agung Giza di Mesir, dan lintasannya menuju Bumi pada satu minggu ke depan.

Batu luar angkasa besar itu, bergerak dengan kecepatan lebih dari 32.400 kilometer per jam. Dan dianggap sebagai objek yang 'berpotensi berbahaya', mengingat jaraknya yang sangat dekat dengan Bumi. Apakah ini ancaman bagi kehidupan manusia?

Dikutip dari dailymail.co.uk, asteroid NF23 itu diperkirakan akan melintas pada tanggal 29 Agustus, dengan jarak di lebih dari 3 juta mil jauhnya. Atau sekitar 13 kali jarak antara Bumi dan bulan.

NASA adalah badan antariksa yang pertama kali melihat benda angkasa ini, dan mereka melacak juga benda-benda dekat Bumi lainnya (NEOs), yang berpotensi mengancam kehidupan manusia.

Batuan ruang khusus ini diklasifikasikan dalam kelompok 'Atens', dan ia dinamai asteroid 1862 Atens, karena orbitnya yang melintasi Bumi dan sumbu semi-mayor yang lebih kecil.

Sebuah diagram dari Jet Propulsion Lab NASA menunjukkan, bagaimana orbitnya berpotongan dengan Bumi. Aartinya, asteroid ini akan semakin dekat dan lebih dekat ke bumi pada hari-hari menjelang 29 Agustus, ketika mencapai titik terdekatnya.

Asteroid NF23 juga termasuk dalam kategori 'objek berpotensi bahaya', yaitu yang mencapai jarak minimum kurang dari 0,05 au dari Bumi dan memiliki magnitudo absolut (H) 22,0 atau lebih terang.

Dalam beberapa tahun terakhir, NASA telah mengubah fokusnya untuk menemukan benda-benda dekat Bumi yang diperkirakan lebih besar dari diameter 140 meter. Karena 90 persen dari mereka yang lebih besar dari 1 kilometer telah ditemukan.

Baca Juga: Berlian Langka Ditemukan di Dalam Meteorit, Ungkap Rahasia Tata Surya

Sebagai perbandingan, hanya 10 persen dari benda-benda yang lebih kecil - tetapi masih berpotensi bencana - yang dianggap telah ditemukan hingga saat ini.
Loading...

0 Komentar Asteroid Lebih Besar dari Piramida Akan Mendekati Bumi, Ancaman?

Posting Komentar

loading...
Back To Top