Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Kamis, 16 Agustus 2018

Gara-gara Jilatan Anjing, Kaki Pria Ini Harus Diamputasi

loading...
Seorang pria berusia 48 tahun dari Wisconsin, baru-baru ini mengidap infeksi darah langka. Dan menyebabkan kaki dan bagian lengannya harus diamputasi. Dan menurut sumber yang terpercaya seperti dikutip dari Livescience.com, infeksi yang paling mungkin terjadi dari anjingnya sendiri.

Air liur anjing
Air liur anjing.
Greg Manteufel pergi ke rumah sakit saat itu, dan ia pikir telah terkena flu, seperti diberitakan oleh Fox 6 Now pada tanggal 30 Juli. Tetapi dalam waktu seminggu, para dokter harus mengamputasi kedua kakinya, dan kemudian, bagian tangan dan lengan bawahnya.

Amputasi itu diperlukan setelah infeksi menyebabkan tekanan darah Manteufel turun drastis, yang sangat mengurangi aliran darah ke anggota tubuhnya dan menyebabkan kematian jaringan.

Tes darah mengungkapkan bahwa, infeksi yang terjadi pada Manteufel disebabkan oleh bakteri yang disebut Capnocytophaga.

Bakteri ini ditemukan di mulut kucing dan anjing, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Hingga saat ini ada 74 persen anjing dan 57 persen kucing memiliki Capnocytophaga , tetapi bakteri tidak menyebabkan penyakit pada anjing dan kucing, kata CDC.

Namun, pada manusia, ini adalah cerita yang berbeda. Dalam kasus yang sangat jarang, bakteri dapat menyebar ke manusia melalui gigitan, goresan atau kontak dekat dengan kucing dan anjing. Orang yang paling berisiko terkena infeksi ini adalah, mereka yang sistem kekebalannya melemah, menurut CDC.

Jika seseorang menjadi terinfeksi Capnocytophaga , bakteri dapat menyebar ke aliran darah dan menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh, termasuk infeksi darah yang dikenal sebagai sepsis. Sepsis terjadi ketika sistem kekebalan bereaksi sangat terhadap infeksi, memicu peradangan di seluruh tubuh dan, berpotensi, kegagalan organ.

Kebanyakan orang yang sakit dengan bakteri biasanya mulai mengalami gejala dalam tiga hingga lima hari setelah terinfeksi, tetapi gejala dapat terjadi di mana saja dari satu sampai 14 hari setelah infeksi, menurut CDC. Gejala berupa lepuhan, kemerahan, pembengkakan, nanah atau nyeri di sekitar lokasi gigitan hewan, demam, diare, sakit kepala, muntah dan otot atau nyeri sendi.

Seperti dalam kasus Manteufel, infeksi kadang-kadang dapat menyebabkan gangren, atau kematian jaringan , dan membutuhkan amputasi untuk menyelamatkan seluruh tubuh.

Dr. Silvia Munoz-Price, seorang spesialis penyakit menular dengan Froedtert & Medical College of Wisconsin mengatakan kepada Fox 6, kasus ini sangat langka. "Lebih dari 99 persen orang yang memiliki anjing tidak akan pernah mengalami masalah ini. Ini hanya kebetulan," katanya.

sumber
Loading...

0 Komentar Gara-gara Jilatan Anjing, Kaki Pria Ini Harus Diamputasi

Posting Komentar

Back To Top