Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Selasa, 28 Agustus 2018

Mendengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Cegah Serangan Jantung

loading...
Serangan jantung jadi salah satu 'pembunuh' terbesar manusia saat ini. Di mana tidak ada yang tahu kapan serangan jantung akan terjadi. Bahkan, para olahragawan tidak sedikit yang meninggal dunia akibat serangan jantung.

Mendengarkan musik
Mendengarkan musik. Gambar: dailymail.co.uk
Namun bukan berarti serangan jantung tidak dapat dicegah. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah bahkan menghindari serangan jantung. Mulai dari menerapkan pola hidup sehat hingga tidak melakukan kebiasaan buruk seperti merokok.

Dan kini, hanya dengan mendengarkan musik yoga sebelum tidur saja, dapat mencegah serangan jantung yang mematikan. Bagaimana cara kita melakukannya? Simak penjelasannya di tautan berikut ini.

Dikutip dari Daily Mail, mendengar musik yang menenangkan, dengan nada meditatif tepat sebelum tidur akan meningkatkan variabilitas detak jantung.

Ini didefinisikan sebagai waktu antara ketukan organ dan menunjukkan kemampuan jantung, untuk mengubah kecepatan pemompaannya dalam menanggapi bahaya atau periode relaksasi.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, variabilitas detak jantung yang rendah menimbulkan risiko seseorang menderita serangan jantung atau stroke hingga 45 persen. Dan membuat orang yang menderita serangan jantung, akan meninggal dunia seketika.

Dr Naresh Sen, dari Sunil Memorial Superspeciality Hospital, Jaipur, India, mengatakan: "Ilmu pengetahuan mungkin tidak selalu setuju, tetapi orang India telah lama percaya pada kekuatan berbagai terapi selain obat-obatan sebagai cara pengobatan untuk penyakit."

"Mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur adalah terapi yang murah dan mudah diterapkan, yang tidak dapat menyebabkan bahaya," tambahnya.

Bagaimana penelitian itu dilakukan


Para peneliti meeliti 149 orang sehat, dengan usia rata-rata 26 tahun. Mereka mendengarkan suara yang berbeda pada tiga malam yang terpisah, sebelum mereka pergi tidur.

Beberapa peserta mendengarkan musik yoga, sementara yang lain mendengar lagu-lagu pop dengan ketukan yang mantap. Sisanya hanya duduk terdiam sebelum tidur.

Dalam setiap sesi, detak jantung peserta diukur selama lima menit sebelum musik atau keheningan dimulai, 10 menit selama dan lima menit setelahnya. Tingkat kecemasan mereka dan emosi positif yang dilaporkan sendiri juga dicatat.

Musik yoga terbukti menurunkan kecemasan dan meningkatkan kebahagiaan. Musik yoga juga menurunkan tingkat kecemasan seseorang.

Hasilnya menyarankan, mendengarkan musik yoga meningkatkan variabilitas detak jantung seseorang. Variabilitas ini berkurang, saat musik pop diputar.

Meskipun temuannya positif, Dr Sen menekankan musik tidak dapat menggantikan obat, ia menambahkan: "Ini adalah penelitian kecil dan lebih banyak penelitian diperlukan pada efek kardiovaskular, dari intervensi musik yang ditawarkan oleh terapis musik yang terlatih."

Manfaat Yoga Menurut Ilmu


Yoga akan menstimulasi sistem saraf pusat seseorang, memperkuat kekebalan dan memberi rasa fokus. Latihan spiritual kuno ini juga mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesadaran, yang ditemukan dalam sebuah penelitian.

Baca Juga: Kerutan di Dahi Ini yang Jadi Salah Satu Gejala Penyakit Jantung

Selain itu, yoga meningkatkan kadar protein dan hormon spesifik seseorang. Yang terkait dengan ketahanan yang ditingkatkan terhadap stres, tambah penelitian tersebut.

Dari perspektif kesehatan fisik, yoga dan meditasi mengurangi peradangan, yang terkait dengan peningkatan fungsi sistem saraf dan kekebalan pusat.
Loading...

0 Komentar Mendengarkan Musik Yoga Sebelum Tidur Cegah Serangan Jantung

Posting Komentar

Back To Top