Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Selasa, 28 Agustus 2018

Mimpi Buruk Penggemar Sushi, Tangan Diamputasi Usai Makan Ikan Mentah

Sushi mungkin bukan makanan asing lagi di telinga kita, meskipun berasal dari Jepang. Ya, makanan yang disajikan mentah ini, biasanya berasal dari beragam hewan seperti ikan dan sapi.

Tapi, jika Anda senang mengonsumsi makanan yang satu ini maka harus waspada. Karena bagaimana pun, makanan yang disajikan mentah berisiko sangat tinggi menularkan parasit yang berbahaya ke dalam tubuh.

Tangan melepuh yang berakhir diamputasi
Tangan melepuh yang berakhir diamputasi. Gambar: dailymail.co.uk.
Kejadian terbaru menimpa seorang pria, usai makan ikan mentah dari sushi. Ia harus membayar dengan harga yang tinggi usai makan sushi, ketika harus berakhir dengan kehilangan tangannya. Bagaimana kejadiannya?

Dikutip dari Daily Mail, ini adalah suatu kejadian yang aneh. Di mana 12 jam setelah pria yang tidak disebutkan namanya itu memakan ikan, tangan kirinya membengkak seperti bola golf dan menjadi sangat menyakitkan.

Lepuhan dan memar besar muncul di tangan pria asal Korea Selatan itu, sebagai akibat dari infeksi bakteri dari makanan laut mentah.

Tenaga medis menghabiskan waktu mengangkat jaringan yang terinfeksi, sebelum meresepkan antibiotik.

Tetapi perawatan itu tidak berhasil, malah ada bagian membusuk yang terbentuk di tangannya. Sehingga bagian tangannya menjadi sangat rusak, dan harus diamputasi.

Kejadiannya,pPria malang itu mencari bantuan dokter di Jeonju di Korea Selatan, sekitar 118 mil selatan Seoul. Setelah menderita demam dan rasa sakit yang hebat, di tangannya selama dua hari.

Dia menjelaskan, sebuah lecet besar di tangannya terbentuk dan demamnya terus meningkat hanya 12 jam setelah dia makan makanan laut, menurut New England Journal of Medicine.

Dokter kemudian mendiagnosisnya dengan infeksi, yang disebut vibriosis yang disebabkan oleh bakteri Vibrio vulnificus.

Selain itu, pria 71 tahun itu juga memiliki diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit ginjal tahap akhir. Sehingga pengobatan dengan antibiotik hanya sia-sia saja.

Orang dengan diabetes memiliki risiko komplikasi dari ulkus kulit, karena kondisi ini membatasi aliran darah dan nutrisi ke kulit. Sehingga perlu waktu lebih lama untuk sembuh, kadang-kadang tidak dapat sembuh sama sekali.

Sekitar 25 hari setelah makan makanan laut mentah, tangan pria itu diamputasi untuk menghentikan penyebaran jaringan yang membusuk.

Vibriosis diperkirakan mempengaruhi sekitar 80.000 orang Amerika setiap tahun - satu kasus per setiap 4.000 orang.

Sebagian besar orang menjadi terinfeksi dengan memakan makanan laut mentah yang terkontaminasi, seperti tiram atau kerang, atau dengan mencelupkan luka ke dalam air laut yang mengandung bakteri.

Orang sehat biasanya sembuh dalam beberapa hari. Pasien dengan sistem kekebalan yang lemah - seperti yang dialami pria lansia karena penyakit ginjalnya - lebih berisiko terhadap infeksi dan komplikasi.

Baca Juga: Hati-hati, Ikan Tuna Mengandung Karbon Monoksida yang Mematikan

Kebanyakan orang yang sehat dapat pulih dari bakteri dalam beberapa hari, tanpa komplikasi serius.

Pasien pria itu kini telah dipulangkan ke rumahnya, dan dalam kondisi yang baik.
Loading...

0 Komentar Mimpi Buruk Penggemar Sushi, Tangan Diamputasi Usai Makan Ikan Mentah

Posting Komentar

loading...
Back To Top