Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Selasa, 28 Agustus 2018

Miris, Paus Bungkuk ini Memiliki Luka Menganga dan Kehilangan Ekornya

loading...
Paus jadi satu-satunya makhluk raksasa yang hidup di laut. Mereka akan menjelajah lautan, selama hidupnya. Tetapi, banyaknya penangkapan beragam jenis paus menjadikan hewan ini terancam punah dari bumi.

Meskipun sudah banyak negara yang melarang perburuan paus, tetap saja ada nelayan yang berburu ikan besar ini. Tidak hanya itu saja, mereka pun kadang terluka dan harus hidup dengan cedera yang memilukan.

Ekor paus bungkuk yang terpotong
Ekor paus bungkuk yang terpotong.
Salah satunya seekor anak paus bungkuk ini, yang memiliki luka menganga dan ekornya terputus. Ia juga diperkirakan akan mati dalam waktu yang singkat. Bagaimana ia kehilangan ekornya? Dan apakah ada usaha untuk menyelamatkannya?

Paus yang tersiksa oleh lukanya itu, itu terlihat berenang dan menyelam di Samudra Pasifik di lepas kota kecil Kolombia barat Nuqui.

Meskipun paus bungkuk tampaknya bergerak secara normal di laut, luka mengerikan yang mengerikan itu memperlihatkan betapa ia kesakitan.

Para ahli mengatakan, penyebab yang paling mungkin putusnya ekor paus adalah jaring ikan. Yang telah membelit dan membuatnya terputus hingga akhirnya kehilangan ekornya.

Paus itu kemudian difilmkan oleh anggota Macuaticos Foundation, sebuah organisasi konservasi laut, yang takut bahwa paus itu tidak akan hidup lebih lama lagi.

Ahli biologi Cristian Bermudez mengatakan: "Paus mungkin tidak akan bertahan karena ekor sangat penting untuk bepergian di sekitar laut, dan itu sangat penting untuk penyelaman dalam."

Direktur Yayasan Natalia Botero menambahkan: "Kami mencari dia selama seminggu dan ketika kami menemukannya, kami melihat luka-luka berwarna hitam yang tampak seperti gangren."

Botero mengatakan, jika yayasan itu bekerja dengan penduduk desa setempat untuk mencoba membujuk nelayan untuk mengubah praktik penangkapan ikan yang mengancam satwa laut.

"Orang-orang itu telah memancing dengan cara ini seumur hidup mereka dan itu adalah cara mereka bertahan hidup, jadi kami harus mencari alternatif untuk mereka," tambahnya.

Insiden itu juga mendorong Program Kelautan Pelestarian Internasional Kolombia, untuk mendesak nelayan agar tidak meninggalkan jala ikan di laut.

Baca Juga: Miris, Ikan Paus Biru Langka Ditangkap dan Dipotong-potong

Direktur Maria Clara Diaz Granado mengatakan: "Sungguh mengerikan melihat betapa besar mamalia menderita karena kegiatan memancing kami yang tidak dikontrol dengan baik."

Paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) berenang melewati Kolombia setiap tahun pada migrasi tahunan, ke tempat perkembangbiakan di Samudra Pasifik selatan-timur.

Loading...

0 Komentar Miris, Paus Bungkuk ini Memiliki Luka Menganga dan Kehilangan Ekornya

Posting Komentar

Back To Top