Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Sabtu, 01 September 2018

12 Cara Obati Asam Urat Selain Tanaman dan Pil, Tanpa Efek Samping

loading...
Dalam artikel sebelumnya dijelaskan, jika asam urat bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun Anda telah mengambil obat asam urat baik dari resep dokter maupun tanaman herbal, tetap saja tidak akan hilang begitu saja.

Obat asam urat biasanya hanya meredakan rasa yeri atau peradangan dalam sementara waktu. Penting juga untuk memahami bahwa, tanaman herbal dapat menyebabkan efek samping yang serius terutama jika dikonsumsi berlebihan.
Penderita asam urat
Penderita asam urat. Gambar: pixabay.com/cnick
Penting juga untuk mengetahui bahwa, tanaman herbal obat asam urat belum dipantau untuk kualitas, kemurnian, pengemasan, atau dosis oleh badan terkait. Bahkan bisa saja produk herbal itu terkontaminasi atau tidak aktif.

Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, dan berhenti mengonsumsi obat jika terjadi efek samping.

Untuk itu, ada pendekatan lain sekaligus pelengkap untuk menghilangkan nyeri oleh asam urat, di antara meliputi:

1. Lakukan pijatan
Lakukan pijatan halus dan lembut di tempat di mana rasa nyeri sering terjadi. Lakukan oleh ahli pijat, jika Anda belum faham dengan aturan yang harus dilakukan.

2. Gunakan es atau air panas
Menggunakan es sangat baik jika bagian lutut atau sendi mengalami pembengkakan. Atau, Anda juga bisa menggunakan air panas dalam wadah plastik, dan menempelkannya pada bagian yang sakit.

3. Latihan aerobik
Berolahraga sangat baik bagi kesehatan, terutama untuk membuat setiap bagian tubuh berfungsi dengan normal. Nah jika Anda menderita asam urat tinggi, maka bisa mengobatinya dengan latihan aerobik yang tersusun agar gerakan sendi lebih lentur.

4. Tai Chi
Salah satu seni bela diri kuno asal Cina ini, memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan gerakan yang halus, membuat sendi dan tulang aktif secara bersamaan. Itulah Tai Chi. Maka tidak heran, selain membuat otot kuat, Tai Chi juga ampuh menjadi obat asam urat selain herbal.

5. Yoga
Yoga telah terbukti secara berabad-abad ampuh meredakan nyeri tulang. Gerakan-gerakan dalam Yoga sangat banyak, dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, jika Anda ingin mengobati asam urat sekaligus sehat, mulailah melakukan gerakan yoga. Pastikan Anda memiliki instruktur yang berpengalaman.

6. Terapi mandi dan perendaman
Air bisa jadi salah satu alternatif penyembuhan, termasuk untuk mengobati asam urat. Dengan jumlah air yang pas, juga berendam dengan suhu yang tepat, bisa mengatasi sakit sendi dan juga peradangan akibat asam urat.

7. Manajemen stres seperti biofeedback dan meditasi
Stres yang kerap Anda alami bisa berdampak kepada banyak hal, terutama kesehatan. Karena pada saat itu, tubuh akan mengeluarkan hormon stres lebih banyak, dan bisa berdampak pada masalah sendi.

Untuk dampaknya terhadap asam urat yang meningkat, maka tubuh harus direlaksasi, salah satunya dengan meditasi yang tepat. Anda bisa menghubungi ahlinya, agar keseimbangan dalam tubuh tetap terjaga.

8. Makanan sehat yang meliputi asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 sangat bagus untuk tulang dan persendian, terutama untuk mengobati asam urat. Oleh sebab itu, Anda harus selalu menyediakannya dalam makanan, terutama ikan yang berasal dari laut.

9. Suplemen vitamin D
Kebanyakan dari kita mungkin tidak pernah berada di bawah sinar matahari langsung, terutama di pagi hari. Padahal, dengan sinar matahari pagi, tubuh akan memproduksi lebih banyak vitamin D, yang akan membantu persendian tetap sehat. Nah, Anda tidak sering terkena sinar matahari langsung dan kerap merasakan asam uratnya kambuh, tidak ada salahnya mengambil suplemen vitamin D.

10. Akupunktur
Untuk mengatasi rasa sakit akibat asam urat, dan Anda tidak ingin mengonsumsi pereda sakit, tidak ada salahnya menggunakan metode akupuntur. Metode ini terbukti ampuh mengatasi beragam masaah kesehatan, termasuk meredakan sekaligus obat asam urat.

11. Sepatu pendukung
Tidak sedikit mereka yang terkena penyakit ini mengeluhkan sakit saat berjalan. Bisa saji, rasa sakit yang dialami karena sepatu yang kurang cocok. Bahkan, high heels bisa membuat persendian bergeser dan mengakibatkan sakit yang tidak tertahankan. Cobalah sesekali berjalan tanpa alas kaki, atau menggunakan sepatu yang benar-benar nyaman.

12. Manajemen berat badan
Ini adalah hal yang paling penting, yang bisa memengaruhi kesehatan kita. Ya, berat badan yang tidak seimbang baik itu kegemukan maupun terlalu kurus, tidak baik bagi tubuh. Anda harus berkonsultasi dengan dokter gizi, untuk mengetahui berapa berat badan yang ideal untuk Anda.

Baca Juga: 9 Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat

Jika terlalu gemuk, bisa menyebabkan beragam penyakit yang mematikana. Dan asam urat bisa jadi hal yang kerap Anda alami akibat kelebihan berat badan, begitu juga dengan kekurangan bobot tubuh.
Loading...

0 Komentar 12 Cara Obati Asam Urat Selain Tanaman dan Pil, Tanpa Efek Samping

Posting Komentar

Back To Top