Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Sabtu, 01 September 2018

9 Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat

Gejala arthritis atau sering disebut asam urat dapat membuat Anda tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Rasa sakit dan peradangan mungkin masih bertahan, meskipun ada intervensi atau pengobatan medis.

Untuk mendapatkan bantuan yang lebih alami, membuat semakin banyak penderita asam urat mencari pendekatan alami dengan menggunakan obat herbal. Atau bisa kita sebut tanaman herbal obat asam urat.

Tanaman herbal obat asam urat
Tanaman herbal obat asam urat. Gambar:healthline.com/

Beberapa tanaman terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Tanaman apa saja yang ampuh untuk mengobati asam urat ini untuk kesehatan kita? Mari kita simak di bawah ini.

Namun, ada kekurangan bukti ilmiah yang mendukung klaim semacam itu. Sebelum Anda merawat radang sendi akibat asam urat dengan cara "alami", pastikan Anda berbicara dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang mengancam jiwa.

1. Lidah buaya

Aloe vera ataua lidah buaya adalah salah satu herbal yang paling umum digunakan dalam pengobatan alternatif, termasuk obat asam urat. Dikenal karena sifat penyembuhannya, tanaman ini populer untuk mengobati lecet kulit. Untuk obat asam urat ini paling ampuh dalam bentuk gel.

Meskipun lidah buaya tersedia dalam bentuk utuh dari daun tanaman. Lidah buaya dapat menurunkan gula darah dan efek samping gastrointestinal, seperti diare. Lidah buaya topikal, di sisi lain, tidak menimbulkan efek samping dan aman untuk mencoba meringankan radang sendi akibat asan urat.

2. Boswellia

Boswellia, juga disebut kemenyan, dipuji oleh praktisi pengobatan alternatif karena kemampuan anti-peradangannya. Tanaman ini berasal dari getah pohon boswellia yang berasal dari India.

Ramuan ini dianggap bekerja dengan memblokir zat (leukotrien) yang menyerang sendi sehat, pada penyakit autoimun seperti RA. Dalam penelitian pada hewan, tanaman ini ampuh meringankan nyeri sendi. Tapi kurangnya percobaan manusia, boswellia masih jarang digunakan, meskipun tersedia dalam bentuk tablet dan krim topikal.

3. Cakar kucing

Cakar kucing adalah ramuan anti-inflamasi lain yang dapat mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat. Ramuan ini berasal dari anggur tropis, dan penggunaannya berasal dari peradaban Incan. Secara tradisional, cakar kucing digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam beberapa tahun terakhir, kekuatan kekebalan dari ramuan telah dicoba pada radang sendi penderita asam urat. Kelemahannya adalah bahwa cakar kucing dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membuat radang sendi semakin memburuk.

Menurut Arthritis Foundation, sebuah penelitian menunjukkan cakar kucing dapat membantu dengan pembengkakan sendi penderita asam urat. Tetapi tidak ada bukti bahwa ramuan ini dapat mencegah kerusakan sendi lebih lanjut.

4. Eukaliptus atau Kayu Putih

Seperti lidah buaya, kayu putih banyak tersedia di pasar. Ini biasa digunakan dalam bentuk ekstrak minyak, untuk berbagai kondisi. Bentuk daun eukaliptus yang topikal, juga bisa digunakan untuk mengobati nyeri asam urat.

Daun tanaman mengandung tanin, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan penyebab nyeri sendi. Beberapa pengguna menindaklanjuti dengan heat pads, untuk memaksimalkan efek kayu putih pada sendi yang bengkak.

Letakkan sedikit produk di lengan bawah Anda. Jika tidak ada reaksi dalam 24 hingga 48 jam, itu harus aman digunakan.

5. Jahe

Anda mungkin memiliki jahe di lemari untuk memasak, tetapi ramuan ini juga merupakan bahan pokok di banyak lemari obat alternatif. Senyawa yang sama yang memberi jahe citarasanya yang kuat, juga memiliki sifat anti-peradangan.

Studi awal dalam mengurangi pembengkakan sendi dengan jahe pada penderita asam urat sangat menjanjikan. Tetapi lebih banyak percobaan manusia diperlukan, untuk lebih memahami aksinya. Dalam pengobatan tradisional Cina, jahe digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, yang membawa panas dan sifat penyembuhan ke daerah yang terkena.

6. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dan telah digunakan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Ada kemungkinan bahwa teh hijau dapat digunakan untuk mengobati radang sendi akibat asam urat dalam bentuk minuman, tablet, atau tincture.

Dalam penelitian 2010, NCCIH menemukan bahwa teh hijau dapat membantu orang dengan osteoarthritis (OA) dan asam urat. Tetapi masih banyak lagi penelitian, yang masih diperlukan untuk membuktikan potensi manfaat teh hijau.

7. Guntur Dewa Anggur

Guntur Dewa Anggur adalah salah satu ramuan tertua yang digunakan dalam pengobatan Cina. Ekstrak dari akar berkulit ini, dikenal untuk menekan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Ini membuat tanaman ini menjadi pengobatan alternatif, yang mungkin untuk penyakit autoimun seperti asam urat. Sebaiknya langsung diterapkan ke kulit dalam bentuk topikal.

Gunakan sangat hati-hati dengan ramuan ini, karena dapat beracun. Penggunaan jangka panjang tidak disarankan.

8. Kunyit

Kunyit adalah bubuk kuning yang terbuat dari tanaman rimpang. Kunyi biasanya digunakan dalam masakan. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Penelitian laboratorium pada tikus juga menemukan, kunyit dapat memperlambat perkembangan asam urat. Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Kunyit dapat bekerja paling baik dalam melawan nyeri sendi dan bisa jadi obat asam urat.

Masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang keamanan kunyit, tetapi penggunaannya cukup menjanjikan.

9. Kulit pohon willow

Menggunakan kulit pohon willow adalah salah satu perawatan tertua untuk peradangan. Bahkan, orang-orang selama masa Hippocrates (abad kelima SM), mengunyah kulit pohon willow untuk membantu mengobati kondisi peradangan.

Satu studi melaporkan bahwa ramuan itu menunjukkan janji dalam meredakan nyeri sendi terkait OA, terutama di lutut, punggung, pinggul, dan leher. Perawatan ini diambil secara lisan, baik dengan teh atau tablet.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengejutkan Kubis Merah, Salah Satunya Redakan Asam Urat

Mendapatkan dosis yang tepat sangat penting. Overdosis dapat menyebabkan ruam dan bentuk peradangan lainnya. Jangan gunakan kulit pohon willow jika Anda mengambil pengencer darah atau alergi terhadap aspirin.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang pengobatan asam urat tambahan ini.

Loading...

0 Komentar 9 Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat

Posting Komentar

loading...
Back To Top