Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Senin, 03 September 2018

Ekstrak Putri Malu, Obat Asam Urat Paling Mujarab dari Tanaman Herbal

loading...
Apakah Anda tahu apa itu tanaman Putri Malu atau Mimosa pudica L.? Bagi mereka yang di sekitar rumahnya masih banyak semak belukar, mungkin tidak akan kesulitan menemukan tanaman liar putri malu ini.

Tapi bagi yang tinggal di kota-kota besar, mungkin akan kesulitan menemukan tanaman yang satu ini.Tanaman yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengatupkan sendiri daun-daunnya, terutama saat kita menyentuh atau meniupnya.
Tanaman putri malu untuk obati asam urat
Tanaman putri malu untuk obati asam urat.
Gerakan tersebut merupakan bentuk dari pertahanan tanaman terhadap musuh-musuhnya. Tapi apakah Anda tahu, jika putri malu ternyata bisa menjadi salah satu obat asam urat yang mujarab?

Inilah yang dilakukan oleh seorang Dosen Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Unpad Dr. Sri Adi Sumiwi, M.S., Apt., yang telah meneliti khasiat putri malu sebagai obat asam urat. Beliau telah meneliti sejak tahun 2013, meliputiuji  toksisitas dan uji aktivitas.

Dikutip dari Unpad.ac.id, Dr. Sri menjelaskan, jika penelitiannya memakai tanaman putri malu. Artinya, baik itu akar (daun, batang, dan bunga) beliau gunakan untuk membuat ekstrak putri malu.

Usai diekstraksi dengan larutan etanol 70 persen, larutan dan serbuk putri malu direndam sambil diaduk hingga didapatkannya saripati. Dan proses ini tidak sebentar, butuh waktu tiga hari lamanya. Setiap hari, ekstrak putri malu ditampung. Dan pelarutnya diganti dengan yang baru. Hingga di dapatkannya ekstrak yang cukup banyak.

Namun, untuk mengujinya, beliau menggunakan hewan sebagai sampel. beliau juga melakukan pemberian ekstrak ini secara terus menerus dalam waktu 90 hari lamanya. Kemudian dilakukan pengamatan, dari beragam parameter fungsi organ.

Hasilnya, ekstrak putri malu ini sangat aman untuk digunakan. Bahkan dalam waktu yang cukup lama.

"Hampir semua obat sebenarnya memiliki efek toksik bila digunakan pada dosis yang berlebihan,  oleh karena itu harus  digunakan sesuai dengan dosis efektifnya," ujar Dosen kelahiran Bandung, 10 November 1957 tersebut dikutip dari unpad.ac.id.

Ekstrak putri malu ini bisa dikategorikan sebagai herbal terstandar. Dr. Sri menjelaskan, ada tiga kategori obat herbal di Indonesia, yaitu jamu, herbal terstandar, dan fitofarmaka.

Namun untuk pembuatan menjadi jamu terstandar belum dilakukan. Karena diperlukan penelitian, terutama dengan harga jualnya. Karena jangan sampai harga jual justru membuat konsumen enggan membeli obat asam urat dari putri malu ini.

"Jika harganya mahal, konsumen tidak akan mau beli dan tetap memilih obat-obat sintetis," kata Dr. Sri.

Baca Juga: 12 Cara Obati Asam Urat Selain Tanaman dan Pil, Tanpa Efek Samping

Tapi jika di lingkungan Anda terdapat putri malu, tidak ada salahna menggunakannya untuk dijadikan obat asam urat dengan digodok langsung seperti membuat teh herbal.
Loading...

0 Komentar Ekstrak Putri Malu, Obat Asam Urat Paling Mujarab dari Tanaman Herbal

Posting Komentar

Back To Top