Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Rabu, 12 September 2018

Jangan Buru-buru Minum Obat Asam Urat Saat Sendi Nyeri dan Bengkak

Mungkin kebanyakan kita akan berpendapat, saat merasakan nyeri dan bengkak di persendian sebagai asam urat. Dan kita pun akan buru-buru mengonsumsi obat asam urat, untuk meredakan dan menghilangkannya.

Tetapi jangan salah, nyeri atau pegal yang Anda alami mungkin saja bukan akibat dari penyakit asam urat. Setidaknya ada tiga penyakit yang memang gejalanya mirip seperti asam urat, bahkan kita akan sulit mengetahuinya.

Ilustrasi sendi nyeri dan bengkak
Ilustrasi sendi nyeri dan bengkak.
Kesamaan dari ketiganya dapat membuatnya sulit untuk mendiagnosis, dan mengobati kondisi ini secara akurat. Lantas apa saja penyakit yang mirip dengan asam urat ini? Dan bagaimana cara kita  mengobatinya?

Dikutip dari everydayhealth.com, keiga penyakit itu adalah psoriasis arthritis, asam urat dan rheumatoid arthritis. Di mana ketiganya memiliki gejala yang hampir sama, yaitu nyeri dan bengkak pada sendi.

Sementara, Anda berisiko lebih besar untuk masalah peradangan sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (RA). Anda sangat rentan untuk mengembangkan psoriatic arthritis dan asam urat. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami perbedaan antara ketiganya sejak dini.

Menurut National Psoriasis Foundation, hampir sepertiga orang dengan psoriasis juga mengembangkan psoriatic arthritis (PsA). Psoriasis arthritis dapat mempengaruhi beberapa sendi, menghasilkan rasa sakit dan kekakuan yang signifikan.

Gejala-gejalanya bisa menyulut, mereda, dan bahkan mengubah lokasi di tubuh Anda. Kondisi ini sering menyerang jari tangan dan kaki, terutama sendi yang paling dekat dengan kuku, yang dapat menyebabkan kuku rapuh atau retak. Ini bisa menyebabkan jari membengkak, sebuah fenomena yang dikenal sebagai dactylitis, atau jari sosis.

Psoriasis arthritis juga dapat mempengaruhi punggung bawah, pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan tendon, mengarah ke tendinitis atau titik-titik lunak di mana tendon dan ligamen melekat pada tulang (enthesitis). Diagnosis psoriasis arthritis dapat menjadi rumit, karena gejala sering meniru bentuk lain dari peradangan sendi.

Tanda-tanda Asa Urat


Individu dengan psoriasis sekitar tiga kali lebih mungkin memiliki kadar asam urat yang tinggi, dalam darah mereka. Dan mereka yang memiliki psoriasis dan psoriatic arthritis, memiliki risiko lima kali lebih besar terkena asam urat.

Asam urat muncul dari deposito asam urat di sendi dan jaringan lunak yang mengelilingi sendi, terutama jempol kaki. Asam urat, yang diproduksi secara alami dan dari pemecahan makanan tertentu, dapat membentuk kristal tajam, menghasilkan nyeri sendi dan pembengkakan yang intens. Untungnya, gejala-gejala ini biasanya mereda setelah terasa sakit di awal.

Diagnosis yang Tepat


Mendapatkan diagnosis yang tepat waktu dan akurat dari seorang rheumatologist, spesialis arthritis dan penyakit muskuloskeletal, sangat penting. Anda pasti ingin memastikan mendapatkan perawatan yang tepat, dan mencegah kerusakan atau komplikasi jangka panjang.

“Kami akan menggunakan semua alat yang kami miliki [untuk mendapatkan diagnosis yang akurat],” kata Zhanna Mikulik, MD, seorang rheumatologist di Ohio State Wexner Medical Center di Columbus, Ohio. “[Ahli rheumatologi Anda] akan melihat pada sendi apa yang terpengaruh, apa polanya [di tubuh] dan bagaimana itu dimulai.”

Evaluasi menyeluruh mencakup pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah untuk mengukur peradangan, pencitraan untuk menentukan tingkat kerusakan sendi, dan penilaian riwayat keluarga Anda. Sekitar 40 persen orang dengan psoriasis arthritis memiliki anggota keluarga yang memiliki psoriasis atau arthritis.

Jika Anda mengalami nyeri sendi, berikut beberapa kiat dari Arthritis Foundation untuk membantu Anda membedakan antara psoriatic arthritis, gout, dan penyakit lainnya:

Jika sendi tunggal membengkak dan menjadi sangat cepat menyakitkan, Anda mungkin memiliki asam urat. "Pasien yang memiliki asam urat tinggi tidak akan membiarkan Anda menyentuh sendinnya," kata Dr Mikulik.

"Rasa sakit biasanya mulai sekitar pukul 4 pagi, menjadi sangat parah, dan kemudian mulai mereda. Pasien tidak bisa memakai sepatu mereka," tambahnya.

Jika Anda mengalami sedikit atau tidak ada pembengkakan sendi, tetapi sendi terasa paling sakit setelah Anda aktif, mungkin osteoarthritis.

Jika sendi di kedua sisi tubuh Anda sakit, Anda mungkin mengembangkan rheumatoid arthritis.

"Rheumatoid arthritis biasanya dimulai pada sendi kecil dan simetris," kata Mikulik.

Jika nyeri sendi Anda memburuk di pagi hari atau setelah tidak aktif, itu adalah tanda psoriasis arthritis.

"Anda akan melihat satu atau dua sendi yang lebih besar terkena selain sendi kecil dan jauh [misalnya, jari]. Sebagian besar pasien [dengan psoriatic arthritis] memiliki psoriasis pertama,” ucapnya.

Perawatan Terbaik


Perawatan tergantung pada jenis penyakit radang sendi yang Anda miliki. Dengan asam urat tinggi, urutan pertama adalah menghentikan menggunakan obat yang sama pada dosis yang berbeda, kata Mikulik. "Untuk mencegah asam urat, kami akan menggunakan obat yang sama pada dosis yang lebih rendah untuk menurunkan asam urat dalam tubuh." Dokter Anda mungkin menggunakan steroid untuk mengobati asam urat, tetapi steroid dapat menyebabkan psoriasis memerah.

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin atau ibuprofen, biasanya membantu dalam kasus ringan psoriasis arthritis. Jika gejala penyakit Anda parah, rheumatologist Anda mungkin merekomendasikan obat anti-rematik (DMARDs).

Jika Anda mengalami nyeri atau kekakuan sendi, penting untuk menemui rheumatologist untuk memastikan Anda mendapatkan diagnosis yang tepat.

"Mereka semua penyakit yang berbeda, dan sementara mereka mungkin berbagi gejala dan beberapa patofisiologi [perubahan karena penyakit], mereka semua terpisah [diagnosa]," kata Jeffrey Weinberg, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di kota New York.

Baca Juga: 9 Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat

"Mungkin ada beberapa pengobatan yang tumpang tindih untuk RA dan PsA, tetapi semua kondisi [muskuloskeletal] harus dievaluasi dan diobati secara terpisah," tambahnya.
Loading...

1 Response to Jangan Buru-buru Minum Obat Asam Urat Saat Sendi Nyeri dan Bengkak

  1. Pergelangan dan kaki bengkak rasanya pegal sekali apa yg harus saya lakukan kaki rasanya berat untuk berjalan
    .

    BalasHapus

loading...
Back To Top