Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Minggu, 09 September 2018

Kepiting Tapal Kuda Memiliki Darah Biru, Harganya Fantastis

Banyak sekali jenis kepiting yang ada di laut, dan sebagian bisa kita nikmati di meja makan. Ya, beberapa jenis kepiting laut bisa kita nikmati dan harganya cukup menguras kantong.

Tapi pernahkan Anda melihat kepiting yang satu ini? Ya, ini adalah kepiting tapal kuda. Nama kepiting ini cukup unik, begitu juga dengan bentuknya yang cukup aneh bak alien.

Kepting tapal kuda yang memiliki darah biru
Kepting tapal kuda yang memiliki darah biru. Gambar: pbs.org
Lebih dari itu, kepiting ini memiliki darah biru. Ya, bukan darah ningrat yang kerap kita kaitkan dengan darah biru. Tetapi darah kepiting ini asli berwarna biru keunguan. Dan siapa sangka, harga darahnya begitu mahal. Berapa?

Makhluk laut yang tidak berbahaya dan primitif ini, tidak hanya memainkan peran kunci di alam, ia juga menempati tempat penting di dunia manusia.

Lebih dari tiga dekade yang lalu, hewan purba ini digunakan sebagai alat penyelamat hidup yang baru. Pada tahun 1971, para peneliti menemukan bahwa ketika mereka mengekspos kepiting tapal kuda ke bakteri E. coli, maka darah kepiting akan bergumpal.

Pembekuan menunjukkan adanya endotoksin, zat beracun yang dilepaskan oleh E. coli dan bakteri gram negatif lainnya yang dapat menghasilkan gejala berat pada manusia yang terpapar, seperti demam atau stroke hemoragik.

Darah Kepiting Tapal Kuda


Kesederhanaan sistem kekebalannya, sebenarnya yang membuat darah kepiting itu begitu berguna bagi industri biomedis kita. Kepiting tapal kuda hidup di bawah ancaman konstan infeksi, di habitat yang dapat dengan mudah mengandung miliaran bakteri per mililiter. Untuk melawan infeksi, kepiting tapal kuda memiliki senyawa dalam darahnya yang disebut LAL, atau Limulus Amebocyte Lysate. LAL segera mengikat dan membeku di sekitar jamur, virus, dan endotoksin bakteri.

Kemampuan mengikat dan pembekuan endotoksin LAL adalah apa yang membuatnya sangat berharga, bagi industri farmasi kita sendiri.Tes LAL diakui oleh Food and Drug Administration (FDA), sebagai alternatif untuk metode pengujian saat ini untuk endotoksin, industri farmasi mengetuk.

Sehingga kepiting tapal kuda yang berlimpah di lautan ini, kerap dipanen darahnya.

Hari ini, LAL telah menjadi tes skrining standar di seluruh dunia untuk kontaminasi bakteri. Setiap obat yang disertifikasi oleh FDA harus diuji menggunakan LAL, seperti halnya implan bedah seperti alat pacu jantung dan perangkat prostetik.

Darah kepiting tapal kuda tidak hanya menjadi senjata utama dalam gudang medis, juga telah menjadi bisnis besar. Di pasar dunia, satu liter darah kepiting sepatu kuda memiliki label harga sekitar $15.000 atau Rp217 juta.

Tentu saja, untuk mendapatkan LAL Anda membutuhkan kepiting tapal kuda dalam jumlah banyak. Menurut Komisi Perikanan Laut Negara Bagian Atlantik, bahwa untuk menghasilkan US$50 juta dolar atau Rp725 miliar, membutuhkan darah dari sekitar 250.000 kepiting tapal kuda.

Darah kepiting tapal kuda dapat diekstraksi tanpa membunuh hewan tersebut. Industri LAL mengatakan, pendarahan tidak menyebabkan cedera jangka panjang bagi makhluk laut ini.

Baca Juga: Pria Pemberani Beri Makan 5 Buaya Besar Sambil Duduk di Tepi Sungai

Apakah Anda berminat untuk mengekstrasi darah kepiting tapal kuda ini? Simak videonya di bawah ini.

Loading...

1 Response to Kepiting Tapal Kuda Memiliki Darah Biru, Harganya Fantastis

  1. Ini klo diindonesia disebut y ketam....dan sangat berlimpah dimaluku utara

    BalasHapus

loading...
Back To Top