Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Selasa, 04 September 2018

Langka, Gadis Termuda yang Didiagnosis Penyakit Kanker Agresif

loading...
Penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan, di mana hampir sebagian besar penderitanya akan meninggal dunia. Penyakit yang satu ini bisa terjadi di hampir seluruh bagian tubuh, mulai dari kulit hingga organ dalam.

Kebanyakan mereka yang mengidapnya berusia dewasa atau lanjut usia. Tetapi kini, gadis remaja pun bisa terjangkit oleh penyakit kanker. Bahkan kanker yang paling berbahaya dan agresif sekalipun.

Macie Greening penderita termuda kanker agresif. Gambar: dailymail.co.uk.
Seorang gadis berusia 14 tahun ini salah satunya, yang dilaporkan menjadi salah satu orang termuda di dunia, yang didiagnosa mengidap kanker terkait asbes. Bagaimana ia bisa terkena penyakit mematikan yang satu ini?

Dikutip dari Daily Mail, gadis bernama Macie Greening ini telah menjalani empat kali kemoterapi untuk mengatasi bentuk mesotelioma yang langka - tetapi tidak berhasil.

Orangtuanya mengatakan, dia adalah satu dari hanya sembilan kasus jenis mesothelioma peritoneumnya - paling sering disebabkan oleh paparan asbes - pada anak-anak di Inggris dan 20 lainnya di dunia.

Kondisi Macie Greening saat ini
Asbestos.com mengklaim, sekitar 300 kasus kanker agresif telah tercatat pada orang dewasa muda, anak-anak dan bahkan bayi.

Dokter dilaporkan 'tidak tahu' apa yang menyebabkan kankernya, karena mesothelioma biasanya membutuhkan beberapa dekade untuk muncul. Namun, itu dapat terjadi pada anak-anak, dalam kasus yang jarang terjadi.

Orang-orang tercinta Macie sekarang memusatkan semua harapan mereka, untuk meningkatkan peluangnya bertahan hidup. Teman dekat dan keluarga berharap dapat mengumpulkan uang £15.000 atau Rp288 juta untuk memungkinkan Macie, yang suka menjadi 'putri', pergi dalam perjalanan impiannya ke Disney World.

Menulis di halaman penggalangan dana, keluarganya mengatakan: "Kami tidak yakin apa yang akan terjadi di sini, tetapi Macie adalah seorang wanita muda yang kuat dan cantik. Dia terus membuat semua orang tertawa dan tersenyum seperti biasanya."

Angka menunjukkan, sekitar 2.500 orang didiagnosis dengan mesothelioma setiap tahun di Inggris. Biasanya disebabkan oleh paparan asbestos, sekelompok mineral yang terbuat dari serat kecil, yang digunakan secara luas dalam konstruksi.

Serat mikroskopis dapat dengan mudah masuk ke paru-paru, di mana mereka terjebak, merusak tubuh dari waktu ke waktu. Akibatnya, mesothelioma sering dimulai di paru-paru.

Penggunaan asbes sendiri benar-benar dilarang pada tahun 1999 di Inggris. Tetapi bahan yang mengandung asbes, masih dapat ditemukan di banyak bangunan tua.

Tidak jelas berapa banyak anak yang didiagnosis dengan mesothelioma, tetapi angka menunjukkan tidak ada berita buruk di Inggris antara 2013 dan 2015.

Macie kini didiagnosis dengan kanker agresif, yang NHS - badan kesehatan Inggris - akui adalah 'jarang mungkin untuk disembuhkan'.

APA ITU MESOTHELIOMA?


Mesothelioma adalah jenis kanker yang berkembang di lapisan, yang menutupi permukaan luar dari beberapa organ tubuh. Ini biasanya terkait dengan paparan asbes.

Ini terutama mempengaruhi lapisan paru-paru (mesothelioma pleura), meskipun dapat mempengaruhi lapisan perut (mesothelioma peritoneal), jantung atau buah zakar.

Lebih dari 2.600 orang didiagnosis dengan kondisi ini setiap tahun di Inggris. Sebagian besar kasus didiagnosis pada orang berusia 60-80, dan pria lebih sering terkena dibandingkan wanita.

Sayangnya, sedikit yang bisa sembuh akibat mesothelioma, meskipun perawatan dapat membantu mengendalikan gejala.

Baca Juga: Kisah Pria 25 Tahun yang 'Terperangkap' di Tubuh Bocah 12 Tahun Akibat Penyakit Fabry

Gejala mesothelioma cenderung berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu. Mereka biasanya tidak muncul sampai beberapa dekade setelah terpapar asbes.
Loading...

0 Komentar Langka, Gadis Termuda yang Didiagnosis Penyakit Kanker Agresif

Posting Komentar

Back To Top