Berita Viral

Berita viral terkini dan menginspirasi

Senin, 03 September 2018

Di Usia 20 Tahun, Tasha Meninggal Dunia Akibat Diabetes Tipe 1

loading...
Kita mungkin akan menganggap, jika penyakit diabetes hanya akan dialami mereka yang sudah berusia lanjut. Tapi ternyata, diabetes bisa menjangkiti siapa saja, bahkan mereka yang masih berusia muda.

Gaya hidup yang tidak sehat, menjadi salah satu penyebab diabetes ini. Apalagi saat ini, banyak sekali makanan instan yang mudah kita dapatkan dan konsumsi. Dan kebanyakan mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Wanita muda tewas akibat diabetes tipe 1
Wanita yang tewas akibat diabetes tipe 1. Gambar: dailymail.co.uk
Jadi, jangan sepelekan penyakit yang satu ini. Hal ini dialami oleh gadis bernama Tasya, yang baru berusia 20 tahun. Ia pun meninggal dunia akibat penyakit diabetes tipe 1. Apa yang sebenanya terjadi padanya?

Dikutip dari Daily Mail, wanita ini menolak untuk mengikuti saran medis tentang diabetesnya. Dia menolak untuk menyuntikkan insulin, sehingga menderita koma akibat diabetesnya.

Natasha Horne, dari Middlesbrough, didiagnosis dengan diabetes Tipe 1 pada Oktober lalu. Tetapi enggan untuk mengambil suntikan insulin, yang dia butuhkan.

Dikenal sebagai Tasha, mantan ratu sekolah ini pun bahkan merahasiakan diagnosisnya dari teman-temannya.

Natasha Horne
Orangtuanya yang ingin meningkatkan kesadaran akan masalah diabetes pun tidak mengetahuinya. Tapi mereka memperhatikan tanda-tanda diabetes pada dirinya, ketika anak mereka tiba-tiba kehilangan berat badan.

Jackie, ayahnya yang juga seorang manajer farmasi, membujuknya untuk diuji diabetes setelah menyadari putrinya kehilangan berat badan, menderita rasa haus yang berlebihan dan sering pergi ke toilet pada malam hari.

Dalam beberapa jam, pada 16 Oktober tahun lalu, dia didiagnosis menderita diabetes Tipe 1. Hal ini karena tubuhnya tidak menghasilkan cukup insulin, untuk memerangi keton - senyawa organik yang biasanya tertidur tetapi dapat menyerang tubuh.

Saat bermalam di rumah seorang teman pada hari Sabtu, 22 Agustus, Tasha meninggal setelah diduga menderita koma akibat diabetes.

Padahal, diabetes tipe 1 dapat ditangani dengan suntikan insulin. Namun Tasha enggan melakukannya.

Ibunya sempat bertanya-tanya, apakah dia menggunakan narkoba, berkata: "Untuk seorang gadis yang ditutupi tato dan tindikan, dia membenci jarum. Dan dia keras kepala. Jika dia tidak ingin melakukan sesuatu, dia tidak akan melakukannya."

"Dia selalu berpikir itu tidak akan pernah terjadi padanya. Dia hanya tidak mau menerima apa yang dia miliki - dia bersedia mengambil risiko," tambahnya.

Apa itu diabetes tipe 1 dan tipe 2?


Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun, yang menyebabkan sel-sel memproduksi insulin di pankreas tidak bekerja maksimal. Untuk mencegah tubuh dari kekurangan insulin, cukup mengatur kadar glukosa darah.

Jika jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi, maka merusak organ tubuh. Pasien yang didiagnosis dengan tipe 1 ini, dapat diobati dengan insulin.

Sementara diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi yang menyebabkan gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Bahkan lebih dari 4 juta orang di Inggris dianggap memiliki beberapa bentuk diabetes. Diabetes tipe 2 dikaitkan dengan kelebihan berat badan.

Baca Juga: Mana yang Paling Penting, Menurunkan Berat Badan Atau Lemak?

Kelebihan lemak di hati juga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Karena penumpukan membuatnya lebih sulit untuk mengontrol kadar glukosa, dan juga membuat tubuh lebih tahan terhadap insulin.

Penurunan berat badan adalah kunci, untuk mengurangi lemak hati dan mengendalikan gejala diabetes.
Loading...

0 Komentar Di Usia 20 Tahun, Tasha Meninggal Dunia Akibat Diabetes Tipe 1

Posting Komentar

Back To Top