Berumur 12 Tahun, Remaja Ini Bangun Reaktor Nuklir dengan Bahan dari Toko Online

Seorang anak sekolah yang baru berusia 12 tahun, berhasil membuat reaktor fusi nuklir di rumahnya. Remaja bernama Jackson Oswalt, dari Memphis, diyakini sebagai orang termuda yang membangun reaktor fusi nuklir yang berfungsi penuh.

Mesin itu terbuat dari barang-barang yang dibeli di toko onlie, eBay oleh orang tuanya. Seluruh biaya yang dikeluarkan sebesar US$ 10.000 atau Rp140 juta.

Alatnya mampu menghancurkan atom dengan kekuatan yang cukup besar untuk memadukannya menjadi satu. Dan proses ini melepaskan energi yang terperangkap di dalam atom. Dari mana remaja ini belajar merakitnya?

Reaktor nuklir terkecil di dunia.
Informasi tentang cara membuat mesin itu ditemukan online dan pada 19 Januari tahun lalu. Hanya beberapa jam sebelum ulang tahunnya yang ke-13. Dan fusi nuklir yang dirakitnya berhasil.

Baca Juga: Pria di 6 Negara Ini Kesulitan Mencari Wanita untuk Dinikahi

Rekor sebelumnya untuk manusia termuda yang sukses di belakang reaktor fusi nuklir, dipegang oleh Taylor Wilson pada usia 14.

Jackson mengatakan kepada Fox News: "Awal proses hanya belajar tentang apa yang telah dilakukan orang lain dengan reaktor fusi mereka."

"Setelah itu, saya menyusun daftar bagian yang saya butuhkan. [Saya] mendapatkan bagian-bagian itu dari eBay dan sering kali bagian-bagian yang berhasil saya dapatkan dari eBay tidak persis seperti yang saya butuhkan. Jadi, saya harus memodifikasinya untuk dapat melakukan apa yang perlu saya lakukan untuk proyek saya," tambahnya.

Gas deuterium - isotop hidrogen - dipanaskan dalam inti plasma dengan listrik 50.000 volt di dalam ruang hampa udara untuk menyatukan atom-atom.

Baca Juga: Kecanduan Video Game, Remaja 13 Tahun Ini Disuapi Ibunya di Depan Monitor

Proses serupa, meskipun dalam skala yang jauh lebih besar, adalah yang memberi kekuatan pada matahari.

Tegangan yang sangat besar ini adalah proses intensif energi, menurut Jackson, yang membutuhkan lebih banyak membutuhkan energi daripada yang menghasilkannya.

Kelangsungan komersial fusi nuklir sebagai sumber listrik, masih harus diselesaikan karena semua upaya sebelumnya juga merupakan lubang energi.

Jackson mengatakan kelemahan ini adalah 'mengapa saya bukan miliarder'.

Jackson menggunakan platform Konsorsium Penelitian Sumber Terbuka Fusor, forum online untuk fisikawan amatir, untuk mencari saran dan belajar cara membuat reaktornya.

Ayah Jackson, Chris, mengatakan dia mengizinkan putranya untuk mengerjakan proyek tersebut. Tetapi memastikan keselamatannya dengan meminta para ahli berbicara dengan Jackson, untuk mendidiknya tentang bahaya bekerja dengan radiasi dan ribuan volt listrik.

BAGAIMANA CARA KERJA REAKTOR FUSION NUKLIR?

Fusi adalah proses dimana gas dipanaskan dan dipisahkan menjadi ion dan elektron penyusunnya.

Ini melibatkan unsur-unsur ringan, seperti hidrogen, yang dihancurkan bersama untuk membentuk unsur yang lebih berat, seperti helium.

Agar terjadi fusi, atom hidrogen ditempatkan di bawah panas dan tekanan tinggi hingga menyatu.

Ketika inti deuterium dan tritium - yang dapat ditemukan dalam hidrogen - berfusi, mereka membentuk inti helium, neutron dan banyak energi.

Hal ini dilakukan dengan memanaskan bahan bakar ke suhu lebih dari 150 juta derajat Celcius. Dan membentuk plasma panas, sup gas dari partikel subatomik.

Medan magnet yang kuat digunakan untuk menjauhkan plasma dari dinding reaktor, sehingga tidak mendingin dan kehilangan potensi energinya.

Bidang-bidang ini diproduksi oleh kumparan superkonduktor yang mengelilinginya, dan oleh arus listrik didorong melalui plasma.

Untuk produksi energi, plasma harus dikekang dalam waktu yang cukup lama untuk terjadinya fusi.

Ketika ion menjadi cukup panas, mereka dapat mengatasi tolakan timbal balik dan bertabrakan, lalu bergabung.

Baca Juga: Berbeda 43 Tahun, Wanita Ini Menikah dengan Pria Seumur Kakeknya

Ketika ini terjadi, mereka melepaskan sekitar satu juta kali lebih banyak energi daripada reaksi kimia. Dan tiga hingga empat kali lebih banyak daripada reaktor fisi nuklir konvensional.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Berumur 12 Tahun, Remaja Ini Bangun Reaktor Nuklir dengan Bahan dari Toko Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel