Foto Jamur di Mars Membuktikan Ada Makhluk Hidup Organik?

Planet Mars memang masih memberikan tanda tanya, apakah di sana ada kehidupan atau tidak. Namun perlahan-lahan misteri di planet merah tersebut mulai terkuak, usai NASA melakukan penjelajahan dengan rovernya, Curiosity.

Robot mungil ini kerap mengirimkan gambar-gambar dari permukaan planet Mars. Bahkan kini sekelompok ilmuwan mengungkap keberadaan jamur di sana, dalam sebuah studi terbaru yang kontroversial.

penampakan jamur di planet mars
Jamur di Mars.
Mereka menyatakan, beberapa gambar yang ditangkap oleh NASA Curiosity menunjukkan jamur tumbuh di permukaan planet yang seharusnya tandus. Lantas apa penjelasan ilmiah dari mereka?

Klaim tersebut belum dikonfirmasi atau dibantah oleh NASA.

Penelitian berdasarkan 15 gambar sebagai bukti dari ganggang, lumut dan 'jamur Mars'.

Bukti fotografi dari bentuk kehidupan yang berkembang seperti itu, seandainya penemuan dikonfirmasi, kemungkinan akan merevolusi pemahaman kita tentang Mars dan kehidupan di luar Bumi.

Dr Regina Dass, dari departemen mikrobiologi di sekolah ilmu kehidupan, India, salah satu peneliti studi mengatakan: "Tidak ada kekuatan geologis atau abiogenik lainnya di Bumi yang dapat menghasilkan struktur sedimen, yang memiliki bentuk jamur, batang, tangkai, dan gudang yang tampak seperti spora di permukaan sekitarnya."

"Faktanya, lima belas spesimen yang difoto oleh NASA Curiosity memperlihatkan sesuatu tumbuh dari tanah hanya dalam tiga hari," tambahnya.

Masih belum diketahui mengapa kehidupan mungkin tumbuh di Mars. Tetapi ada kemungkinan, kondisinya lebih cocok untuk mengolah kehidupan di bawah tanah daripada di permukaan.

Klaim tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of Astrobiology and Space Science Reviews.

Akademisi lain mengusulkan penjelasan alternatif, dan mengatakan lebih layak spesimennya adalah hematit, suatu bentuk oksida besi.

Baca Juga:

Berlian Langka Ditemukan di Dalam Meteorit, Ungkap Rahasia Tata Surya

Curiosity Temukan Blok Bangunan Organik di Mars, Ada Kehidupan?

Penelitian masih akan terus dilakukan, mengingat penjelajahan planet Mars masih kecil sekali.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Foto Jamur di Mars Membuktikan Ada Makhluk Hidup Organik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel