Gali Kuburan, Seniman Ini Berfoto dengan Tengkorak Ayahnya

Seorang seniman juga artis di China, membagikan foto-fotonya yang sedang terbaring telanjang di samping tengkorak ayahnya. Hal ini dilakukannya setelah ia menggali kuburnya, untuk sebuah pemotretan yang penuh kontroversi.

Postingan yang ia bagikan pun langsung memicu kontroversi, karena memposting foto dirinya dengan jasad almarhum ayahnya. Padahal, jasadnya tersebut hanya tinggal tulang yang kemudian ia rangkai kembali.

budaya menggali makam di china

Seniman berusia 33 tahun yang berasal dari Beijing itu dikenal sebagai Siyuan Zhuji. Lalu apa sebenarnya motif yang ia ingin pamerkan atau perlihatkan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Hari Pembersihan Makam

Dikutip dari dailymail.co.uk, ia memposting gambar-gambar itu di situs web seni, Artand dan situs microblogging China, Weibo pada hari Sabtu lalu. Itu sehari setelah Hari Pembersihan Makam, festival tahunan Tiongkok untuk menghormati mereka yang meninggal.

Foto-foto itu kemudian mendapat kecaman dari para pengguna internet, yang menyebut tindakannya 'tidak sopan dan sama sekali tak tahu malu.'

Alasan Berfoto Bersama Jasad

Pemotretan itu terjadi pada akhir Maret, ketika jasad ayahnya sedang dirubah kembali. Setelah bertahun-tahun mengalami kerusakan pada lubang kuburnya, menurut Beijing News.

Siyuan, yang bernama asli Si Lulu, mengatakan dia baru berusia tiga tahun ketika ayahnya meninggal karena kanker hati. Dan itu adalah 'mimpinya' untuk mengambil foto dengan tulang-tulang ayahnya.

“Itu adalah perasaan yang luar biasa. Aku mengungkapkan perasaanku kepadanya secara pribadi. Sangat penting bagi saya untuk telanjang di foto, karena ini adalah bagaimana kita memasuki dan meninggalkan dunia," katanya.

Si mengatakan foto-foto itu diambil oleh istrinya, Lin Shan, setelah ia meminta izin dari penjaga kuburan.

"Kita seharusnya tidak takut untuk menunjukkan seni nyata kepada dunia," katanya.

Postingan Viral

Akunnya di Weibo ditangguhkan, setelah foto menjadi viral. Dan menimbulkan banyak kritik dari pengguna internet di situs tersebut.

Halaman topik trending, berjudul 'Foto blogger menggali tulang ayah dan berpose telanjang dengan mereka selama Festival Qingming', telah dilihat hampir 28 juta kali.

Pro dan Kontra Netizen

"Kau menggali kuburan leluhurmu dengan jelas demi kemasyhuran," salah satu komentar teratas membaca.

"Jika Anda tidak melakukan ini untuk tujuan kemasyhuran, mengapa Anda memposting gambar secara online? Simpan saja karya seni Anda di rumah," kata pengguna lain.

pemotretan bersama jasad ayah

"Kau menggunakan ayahmu seperti alat untuk apa yang kau sebut karya seni, melawan semua aturan dan tradisi kesalehan anak," komentar lain membaca.

Namun, beberapa pengguna internet menyatakan dukungan, mengatakan bahwa mereka tersentuh oleh karyanya tersebut.

“Saya kewalahan dengan emosi setelah melihat foto-foto itu. Ini sangat menyentuh," tulis satu orang.

“Kamu melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan orang lain. Anda telah melampaui batas prinsip-prinsip moral dan mengadakan pembicaraan langsung dengan leluhur Anda," tulis yang lain.

Nasib Sial

Di Tiongkok, ada banyak takhayul dan aturan seputar perawatan jenazah dan makam anggota keluarga - menggali jenazah seseorang, atau mengganggu orang mati, dianggap sangat tidak sopan dan diyakini membawa karma buruk.

Baca Juga:
Meninggal, Anak Kubur Ayahnya di Dalam Mobil BMW Rp1,2 Miliar
Ayah yang Curiga Buka Peti Mati Anaknya, Ternyata Ini yang Ditemukan

Loading...

Belum ada Komentar untuk "Gali Kuburan, Seniman Ini Berfoto dengan Tengkorak Ayahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel