Bukan Asteroid, Ini Gunung Berapi Super yang Akan Musnahkan Umat Manusia

Gunung berapi super atau supervolcano bisa menjadi bencana yang membuat umat manusia punah di muka bumi. Ya, para ilmuwan memperkirakan jika kepunahan umat manusia di masa depan bukan oleh asteroid.

Eksperimen dari pemikiran ilmuwan NASA menyatakan bahwa, letusan supervolcano lebih mungkin  terjadi di masa depan daripada asteroid yang menghantam bumi. Letusan supervolcano ini akan terjadi lebih sering, daripada asteroid besar yang memusnahkan peradaban manusia.

Lalu supervolcano mana yang mereka perkirakan akan membuat kiamat di muka bumi, dan kapan terjadinya letusan besar tersebut? Ini perkirakan mereka.

yellowstone salah satu supervulcano di bumi
Gambar: pixabay.com/werner22brigitte
Para peneliti Jet Propulsion Laboratory menemukan bahwa, tabrakan dari asteroid yang berdiameter lebih dari 2 km terjadi hanya "setengah sesering letusan supervolcanic". Supervolcano digolongkan sebagai gunung berapi yang cukup besar, yang menyebabkan letusan yang diproyeksikan lebih dari 1000 km3 material ke atmosfer.

Dan satu supervulcano tersebut adalah Yellowstone. Dan ini digolongkan sebagai supervolcano yang pernah meletus 60.000 tahun yang lalu, dan 60.000 tahun sebelumnya.

Meskipun tidak ada jaminan, jika gunung berapi super ini akan mengikuti pola yang sama. Tetapi jika itu terjadi, maka sekarang waktunya letusan besar akan terjadi lagi.

Para peneliti telah menemukan bahwa, jika gunung api seperti Yellowstone meledak, maka "musim dingin vulkanik" akan terjadi yang dapat melampaui "jumlah makanan yang disimpan di seluruh dunia".

Orang yang tinggal di benua lain tidak akan terhindar dari akibat letusan supervolcano ini.

Ungkapan "supervolcano" diperkenalkan untuk menggambarkan letusan yang mampu "menjerumuskan dunia ke dalam bencana dan mendorong manusia ke ambang kepunahan" menurut para peneliti.

Namun, ahli gunung berapi mengklaim sebagian besar gunung berapi menunjukkan tanda-tanda peringatan, beberapa minggu sebelum meletus.

Koordinator Program Bahaya Survei Geologi AS John Eichelberger mengatakan pada Life's Little Mysteries: "Tanda-tanda ini mungkin termasuk gempa bumi yang sangat kecil di bawah gunung berapi, sedikit kenaikan pergerakan, atau pembengkakan, dari gunung berapi dan peningkatan emisi panas dan gas dari ventilasi di gunung berapi."

Dia melanjutkan: "Magma yang naik menyebabkan batu padat pecah, mengirimkan sinyal gempa. Ini mendorong permukaan tanah ke atas, dan mendidih dari gas panas yang bergerak di depan magma."

Baca Juga:
Rekaman Bayi Diselamatkan dari Erupsi Gunung yang Tewaskan Ratusan Orang
Kilauea Meletus, Hawaii Kini Terlihat seperti Neraka


Namun, bahkan jika sebuah supervolcano menampilkan tanda-tanda peringatan, para peneliti memperkirakan akan membutuhkan biaya sebesar $ 3 miliar untuk mencoba dan mendinginkan magma sebelum meletus, dengan menggunakan teknologi saat ini.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Bukan Asteroid, Ini Gunung Berapi Super yang Akan Musnahkan Umat Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel