Akibat Memakai Lensa Mata Setiap Hari, Kornea Wanita Ini Dimakan Bakteri

Warna lensa mata yang bagus sering kali membuat kita tergiur untuk membelinya. Apalagi saat ini harganya pun bervariasi, bahkan banyak yang terjangkau oleh anak-anak sekolah. Ya, kadang lensa mata atau softlens ini banyak digunakan hanya untuk bergaya.

Meskipun banyak softlens yang digunakan sebagai pengganti kacamata, karena lebih praktis dan tidak merepotkan. Dan yang pasti tidak membuat kita repot dengan kacamata, yang kerap menggantung di hidung dan menghalangi pandangan.

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan softlens maka harus Anda ketahui bahayanya. Wanita ini salah satunya yang mendapatkan pengalaman pahit, di mana kornea matanya justru dimakan oleh bakteri saat menggunakan softlens.

mata yang dimakan oleh bakteri

Kornea Dimakan Bakteri Akibat Lensa Mata

Dikutip dari Daily Mail, dokter mata berbagi foto mengejutkan yang menunjukkan kornea pasien dimakan oleh bakteri. Hal itu disebabkan ia pergi tidur dengan mengenakan lensa mata.

Seorang dokter mata telah berbagi foto mengejutkan, untuk memperingatkan kliennya tentang bahaya meninggalkan lensa mata saat mereka tidur.

Patrick Vollmer, dari Vita Eye Clinic di Shelby, North Carolina, memposting gambar di facebook yang mengerikan dari seorang wanita yang korneanya dimakan oleh bakteri. Ini setelah dia sering meninggalkan lensa di malam hari.

Dalam sebuah pos yang sekarang telah dilihat oleh lebih dari 30 juta orang itu, mata wanita itu terlihat memutih cukup tebal.

Mengapa Lensa Mata Menyebabkan Bakteri Berkembang Biak?

Dr Vollmer menjelaskan bahwa, dia menderita 'ulkus pseudomonas yang dikultur' yang merupakan 'akibat langsung dari tidur dalam lensa mata.'

Dia menyatakan: 'Pseudomonas (bakteri) adalah penyebab penting morbiditas okular dan karakteristik oportunistiknya dengan cepat menyebabkan kebutaan permanen. Ini akan menjadi kasus ke 4 pseudomonas hasil kultur yang telah saya tangani di klinik saya."

"Bakteri secara eksplosif menggerogoti kornea pasien dalam beberapa hari meninggalkan nekrosis putih pekat (jaringan mati) setelahnya," tambahnya.

Sementara Dr Vollmer mengatakan, dia mulai memberikan pasien dengan tetes antibiotik dan steroid. Dia mengakui itu akan 'sangat mungkin' bahwa, dia akan menderita beberapa bentuk kehilangan penglihatan permanen.

"Saya tidak pernah merekomendasikan tidur dengan merek lensa mata apa pun. Risiko lebih besar daripada manfaatnya setiap saat. Diperlukan waktu beberapa detik untuk melepas lensa mata, tetapi kemungkinan kerusakan permanen terjadi," tambahnya.

Penggunaan Atau Cara Pakai Lensa Mata

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika, sekitar 45 juta orang di Amerika memakai lensa mata.

Dua pertiga dari mereka adalah wanita, dan usia rata-rata pemakainya adalah 31 tahun.

Namun, pseudomonas bukan satu-satunya masalah yang mungkin timbul dari penggunaan lensa mata.

Keratitis, atau radang kornea, menyebabkan satu juta orang berkunjung ke dokter setiap tahun. Infeksi serius juga memengaruhi sekitar 1 dalam setiap 500 pengguna lensa kontak per tahun.

Baca Juga:
Gunakan Make Up, Wajah Wanita Ini Berubah Drastis
1.600 Tamu Hotel Diam-diam Direkam Kamera yang Tersembunyi

Cara Pakai Lensa Mata dengan Benar

Cara memasang lensa mata dengan benar:


  1. Cuci lensa mata terlebih dahulu dengan cairan khusus yang diteteskan 3-4 tetes pada telapak tangan. Lalu gosok dengan lembut sekitar 10 detik. Dan lakukan di kedua bagian sisinya.
  2. Letakan lensa mata di ujung jari telunjuk. Dan gunakan jari tengah (tangan yang memegang lensa kontak) untuk menarik kelopak mata bawah.
  3. Lalu pakai jari telunjuk atau jari tengah untuk mengangkat kelopak mata atas. Dan perlahan-lahan tempelkan lensa mata tepat di tengah.
  4. Lepas tangan dan mulai berkedip. Tujuannya agar lensa kontak menempati posisi tengah dengan sempurna.
  5. Ulangi langkah di atas untuk lensa mata satunya lagi.


Cara melepaskan lensa mata dengan benar:


  1. Cuci, bilas dan keringkan tangan.
  2. Pastikan lensa mata berada di tengah mata sebelum mencoba untuk melepaskannya.
  3. Tarik kelopak mata atas dan bawah dengan jari, lalu cubit dengan lembut lensa kontak antara ibu jari dan jari telunjuk. Dan tarik keluar.
  4. Bersihkan lensa mata seperti metode sebelum memasang. Dan simpan dan rendam dengan larutan khusus, kemudian simpan dalam softlens case.


Perhatian yang harus Anda perhatikan:


  1. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memakai lensa mata dengan sabun. Kebersihan merupakan aspek terpenting. 
  2. Selalu gunakan lensa mata dahulu, sebelum mengenakan riasan. 
  3. Jangan pernah memakai lensa kontak melebihi masa pakai, yang biasanya tertera dalam dus atau lembar penjualan.
  4. Penting, jangan pernah menggunakan lensa mata jika segel telah rusak.
  5. Pastikan Anda tidak memakainya setiap hari dan melepasnya sebelum tidur.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Akibat Memakai Lensa Mata Setiap Hari, Kornea Wanita Ini Dimakan Bakteri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel